Hasto Akui PDIP Buka Ruang untuk Kaum Muda, Termasuk Gibran

CNN Indonesia | Senin, 13/01/2020 10:07 WIB
Hasto Akui PDIP Buka Ruang untuk Kaum Muda, Termasuk Gibran Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membuka ruang bagi pemimpin muda di Pilkada 2020. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jendral PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto membuka ruang bagi anak-anak muda untuk maju di Pilkada 2020, termasuk putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

"Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil," kata dia usai gelaran Rakernas PDIP 2020, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (12/1).

Hasto mengatakan semangat itu selaras dengan arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membuka diri bagi seluruh anak muda Indonesia bergabung dengan PDIP.


"Ibu Mega dalam pengarahannya juga menegaskan partai membuka diri terhadap anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai," katanya.

Soal kemungkinan memasangkan Gibran dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo di Pilkada Solo, Hasto menyerahkannya kepada Ketua Umum PDIP.

[Gambas:Video CNN]
"Itu adalah kewenangan Ibu Megawati Soekarnoputri, akan disampaikan pada momentum yang tepat," katanya.

Dia juga menyebut PDIP menargetkan kemenangan di Pilkada 2020 di 60 persen wilayah. Pilkada serentak 2020 sendiri akan digelar di 270 wilayah.

Meski demikian, Hasto menyatakan pihaknya akan mengumumkan 44 calon kepala daerah yang akan diusung PDIP di Pilkada 2020 pada waktu yang tepat.

"Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail, termasuk Solo, termasuk Medan," kata dia.

Sebelumnya, Gibran berupaya untuk mendapatkan rekomendasi partai untuk di Pilkada Solo 2020. Di saat yang sama, DPC PDIP Solo sudah memiliki calon kuat dari kader senior, yakni Achmad Purnomo. (rzr/arh)