Lantik 2.650 Eselon III dan IV, Pemprov DKI Klaim Nihil Suap

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 14:55 WIB
Lantik 2.650 Eselon III dan IV, Pemprov DKI Klaim Nihil Suap Ilustrasi pelantikan.(CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah melantik sebanyak 2.650 pejabat baru setingkat eselon III dan eselon IV di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Pelantikan hari ini sebanyak 486 jabatan administrator eselon III dan 2.164 jabatan pengawas jabatan pengawas eselon IV," kata dia, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/1).

Saefullah menjelaskan bahwa perombakan ini dilakukan karena penyesuaian Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2019 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah sekaligus penyegaran di lingkungan Pemprov DKI.


"Setiap proses alih tugas senantiasa disikapi sebagai bagian penyegaran dan terus meningkatkan kinerja pemerintah," jelas dia.

Dalam sambutannya, Saefullah mengingatkan agar para pejabat responsif terhadap pengaduan masyarakat melalui Cepat Respons Masyarakat (CRM). Sistem ini disebut Saefullah juga akan dipakai sebagai pengukuran kinerja para pejabat.

[Gambas:Video CNN]
"Melalui pembangunan ini mudah mengidentifikasi dan menjadi penilai kinerja berdasarkan laporan, usulan atau keluhan," jelas dia.

Terakhir, Saefullah mengingatkan agar pejabat tidak menerima uang dari rakyat alias suap. Dia juga memastikan tidak ada aliran dana yang mengalir ke pimpinan untuk naik jabatan.

Hal ini dilakukan karena para pejabat DKI dirasa sudah diberikan tunjangan yang setimpal.

"Jika ada laporkan pasti kita akan eksekusi langsung dan kita akan copot dari jabatannya," tutup dia.



(CTR/arh)