Polda Jabar Terjunkan Brimob Evakuasi Korban Banjir Gedebage

CNN Indonesia | Minggu, 26/01/2020 03:48 WIB
Polda Jabar Terjunkan Brimob Evakuasi Korban Banjir Gedebage Ilustrasi banjir di Bandung. 9ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Bandung, CNN Indonesia -- Polda Jawa Barat menerjunkan Tim SAR Batalyon A Pelopor Satuan Brimob untuk membantu evakuasi korban banjir di Komplek Perumahan Adipura, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

"Hari ini tim SAR Brimob Polda Jabar melaksanakan siaga bencana banjir di Komplek Perumahan Adipura. Jumlah personel yaitu 10 orang dari tim SAR Yon A Pelopor," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Saptono Erlangga, Sabtu (25/1).

Tim tersebut, lanjut Saptono, dipimpin Danton SAR Aiptu Dadang Sutisna dilengkapi dengan berbagai perlengkapan mulai dari pelampung, perahu LCR, perahu kano, rakit, hingga dayung.


Selain evakuasi warga, Tim SAR Brimob Polda Jabar juga membantu warga yang terganggu aktivitasnya akibat banjir. Sebab hingga Sabtu (25/1) sore banjir mencapai ketinggian berkisar antara 40 cm hingga 60 cm. 


"Ketinggian dari genangan air berkisar 40-60 cm serta dilanjutkan melakukan evakuasi warga yang terkena dampak banjir tersebut," ujarnya.

"Untuk cuaca saat ini kembali turun hujan. Genangan air diperkirakan masih sekitar 50-70 cm," tutur Saptono.

[Gambas:Video CNN]
Sementara itu, Ketua RW 08 Oping Arifin membenarkan sebagian warga dievakuasi ke Masjid Mistahul Janah saat banjir menerjang komplek perumahan tersebut pada Jumat (25/1).

"Sebagian warga kemarin ditempatkan ke masjid karena panik, belum siap menghadapi banjir. Tapi sudah berangsur pulang dan ada juga yang tinggal ke keluarga atau saudaranya di tempat lain," ujarnya


Oping mengaku belum bisa memprediksi genangan bakal surut. Sebab sampai hari ini hujan kembali mengguyur wilayah Bandung sejak siang tadi.

"Kalau genangan memang sudah mulai turun. Cuma hujan datang lagi jadi naik lagi airnya," katanya. (hyg/osc)