Beda dari BKN, Peserta Tes SKD CPNS Akui Soal Lebih Mudah

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 02:15 WIB
Beda dari BKN, Peserta Tes SKD CPNS Akui Soal Lebih Mudah Ilustrasi suasana tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2020. (CNN Indonesia/Aini Putri Wulandari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi CPNS 2020 memasuki hari kedua, Selasa (28/1). Para peserta mengaku mendapati sejumlah soal dalam ujian SKD lebih mudah dibandingkan tahun sebelumnya.

Pantauan CNNIndonesia.com, hingga Selasa (28/1) siang, sejumlah peserta tes SKD sudah mengikuti tes untuk sesi pertama dan kedua di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Kalo menurut ku sih karena nggak terlalu banyak itung-itungan sih. Itu yang bikin lebih mudah," kata salah satu peserta tes SKD CPNS, El Leisye kepada CNNIndonesia.com, Selasa (28/1).


Pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) misalnya, El yang sudah kali keempat mengikuti tes CPNS menilai porsi soalnya kini tak banyak yang menuntut pada jawaban tanggal atau tahun peristiwa.
Sementara untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), soal yang diujikan menurut El juga lebih mudah. El yang memilih instansi BIN menilai TIU mudah karena tidak banyak jawaban yang memerlukan hitung-hitungan.

Hal serupa juga diutarakan peserta tes SKD yang lain. Rehan, yang kali ini kali kedua mengikuti seleksi CPNS, punya penilaian serupa.

Pada tes TWK misalnya, peserta lulus tes SKD tahun lalu itu menilai soal-soal yang diujikan tahun ini tak banyak pada soal yang menuntut jawaban teori.

"Saat ini pertanyaannya lebih untuk menguji nalar," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana sebelumnya menyebut tingkat kesulitan soal SKD CPNS tahun ini lebih sulit ketimbang tahun sebelumnya. Bima mengklaim pemerintah sudah mengevaluasi soal tes SKD CPNS agar dinaikkan kualitasnya dari soal SKD tahun-tahun yang lalu.

"Lebih tinggi sekarang tingkat kesulitannya. Nah, sebetulnya tingkat kesulitan relatif. Ada perbedaan soal sekarang lebih berkualitas dibanding soal tahun lalu," kata Bima di Kantor BKN, Jakarta, Senin (27/1).

Seperti diketahui, tes SKD adalah seleksi tahap kedua bagi setelah lulus tes pemberkasan. Tes akan menguji para CPNS di tiga kompetensi, yakni, tes kebangsaan (TWK), intelegensia umum (TIU), dan tes kepribadian (TKP).

Peserta tes SKD akan mengerjakan 100 soal untuk tiga kompetensi tersebut dalam waktu 90 menit. Proses tes SKD akan dilaksanakan hingga sebulan ke depan atau 28 Februari 2020. Usai tahap ini, akan ada tes lagi yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang digelar pada 25 Maret hingga 10 April. Tes SKB merupakan tahap akhir sebelum CPNS kemudian dinyatakan diterima sebagai PNS dan menerima Nomor Induk Pegawai. (thr/ain)