Negatif Corona, Pasien RSUD Waled Cirebon Dipulangkan

CNN Indonesia | Senin, 03/02/2020 15:32 WIB
Negatif Corona, Pasien RSUD Waled Cirebon Dipulangkan Ilustrasi penanganan suspect virus corona. Warga Desa Cikuak dipulangkan pihak RSUD Waled Cirebon setelah dinyatakan negatif terinfeksi virus corona. (CNNIndonesia/Rosyid)
Bandung, CNN Indonesia -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Kabupaten Cirebon memulangkan seorang pasien warga Desa Cikuak berinisial SH (44) yang sebelumnya diduga terpapar virus corona. SH dinyatakan negatif berdasar hasil pemeriksaan laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes).


"Benar, pasien tersebut sudah pulang sejak kemarin (Minggu) siang. Karena kita sudah menerima hasil dari Balitbangkes bahwa pasien hasilnya negatif, artinya tidak terpapar corona virus," kata Direktur RSUD Waled Budi Soenjaya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (3/2).

SH dirawat di ruang isolasi RSUD Waled sejak 27 Januari 2020. SH dirujuk RSUD Waled oleh dokter yang menanganinya.

Diketahui pula pasien tersebut mengikuti seminar di Taiwan pada 5-9 Januari 2020. Kemudian pada 15 Januari, SH mengeluh sakit panas, batuk hingga sesak napas dan memeriksakan diri ke dokter umum.

Budi menjelaskan, selama tiga hari pertama pasien SH dirawat menunjukkan perkembangan baik. Pasien tidak lagi mengalami demam, batuk dan pilek.


[Gambas:Video CNN]


"Semua keluhannya mulai berkurang pada hari ketiga. Pasien juga sudah lepas bantuan oksigen sejak hari tersebut," ucapnya.

Dia juga menjelaskan pasien SH berdasarkan hasil pemeriksaan dokter mengalami infeksi saluran pernapasan bawah.

"Selama perawatan tetap dikasih obat suportif karena sambil menunggu hasil lab, kita kasih obat sesuai dengan gejala yang ada," katanya.
(hyg/gil)