Tiga Pasien yang Diisolasi di RSHS Bandung Negatif Corona

CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 14:03 WIB
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan tiga pasien yang sempat diisolasi negaitf Virus Corona atau Covid-19. Ketua Tim Infeksi Khusus RSHS Bandung Yovita Hartantri menyebut pasien ketiga yang diisolasi pihaknya negatif Virus Corona. (CNN Indonesia/Huyogo)
Bandung, CNN Indonesia -- Pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan satu pasien yang berada dalam pengawasan terkait Virus Corona atau Covid-19 berstatus negatif. Pasien itu merupakan satu dari dua pasien yang diisolasi. Dua pasien sebelumnya telah dinyatakan negatif.

"Pasien terakhir hasil uji laboratoriumnya negatif," kata Ketua Tim Infeksi Khusus RSHS Bandung Yovita Hartantri saat dikonfirmasi, Selasa (25/2).

Diketahui, pasien tersebut berinisial RG (45). Pria yang tinggal di Bandung itu diketahui melakukan perjalanan ke Ho Chi Minh, Vietnam, pada 9-13 Februari 2020, untuk keperluan pekerjaan; dan ke Pattaya, Thailand, pada 13-15 Pebruari 2020. Ia kemudian kembali ke Bandung pada 15 Februari 2020.


RG kemudian datang ke Unit Gawat Darurat RSHS, pada 21 Februari 2020, dengan keluhan demam sejak satu hari sebelum masuk rumah sakit. Saat di IGD, suhu pasien mencapai 38 derajat celcius disertai batuk, pilek dan nyeri otot, tanpa keluhan sesak nafas. Pasien juga diketahui memiliki riwayat darah tinggi, terkontrol dengan obat.

Pihak RS kemudian mengambil sampel dari tenggorokan, yakni orofaring dan nasofaring, pada 22 Februari 2020, dan dilanjutkan pemeriksaan di Litbangkes Jakarta. Hasilnya, negatif.

[Gambas:Video CNN]
Dengan pernyataan soal status pasien RG tersebut, total sudah ada tiga orang yang sempat diisolasi di Ruang Infeksi Khusus Kemuning (RIKK) RSHS Bandung dinyatakan negatif Novel Coronavirus.

Sebelumnya atau pada Senin (24/2), RSHS Bandung menyatakan dua pasien yakni S (58) dan AS (55) dinyatakan tidak terinfeksi virus corona. (hyg/arh)