DPR Umumkan Pengganti Komisioner KPU Wahyu Setiawan Hari Ini

CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 10:28 WIB
DPR Umumkan Pengganti Komisioner KPU Wahyu Setiawan Hari Ini DPR akan memutuskan pengganti Wahyu Setiawan di kursi Komisioner KPU siang ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- DPR RI mengagendakan pengumuman nama calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) pengganti Wahyu Setiawan dalam rapat paripurna yang digelar Kamis (27/2).

Langkah ini ditempuh untuk mengisi kekosongan satu kursi komisioner KPU setelah Wahyu ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menerima suap terkait pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024.

"Salah satu agendanya adalah Laporan Komisi II DPR terhadap pergantian calon anggota KPU dilanjutkan pengambilan keputusan," kata Ketua DPR Puan Maharani dalam keterangannya, Kamis (27/2).


"Dengan demikian komisioner KPU yang mengundurkan diri karena kasus hukum segera ada penggantinya, agar jumlah anggota KPU lengkap sehingga mereka siap menghadapi tahapan-tahapan pilkada serentak," imbuhnya.

Namun begitu, Puan tidak menyampaikan sosok calon komisioner KPU yang bakal menjadi pengganti Wahyu tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Ia juga mengaku akan berpidato untuk menutup masa persidangan II tahun 2019-2020, sebelum DPR memasuki masa reses persidangan pada 28 Februari.

Menurutnya, Rapat Paripurna DPR juga akan melantik anggota DPR hasil pergantian antar-waktu (PAW) untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Puan berkata mereka yang dilantik adalah pengganti Menkumham Yasonna Laoly, Mensos Juliary Batubara, serta Menkominfo Johnny G Plate.

"Ada tiga orang yang akan dilantik. Mereka adalah pengganti anggota DPR yang diangkat menjadi menteri kabinet," ujar Puan.

(mts/arh)