Polisi Temukan Banyak Radioaktif di Rumah SM Pegawai BATAN

CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 20:46 WIB
Polisi Temukan Banyak Radioaktif di Rumah SM Pegawai BATAN Foto: CNN Indonesia/Michael Josua Stefanus
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian menemukan banyak zat radioaktif selain Cesium-137 (Cs-137) dari rumah SM di perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan, Banten. Saat ini polisi masih mendalami zat-zat radioaktif yang ditemukan di rumah pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) tersebut.

"Sebagai karyawan BATAN yang masih aktif, dia memiliki banyak jenis radioaktif di situ selain Cs-137, masih kami terus dalami," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Pol Ade Adi Saputra Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (27/2).

Kendati demikian, Asep belum dapat merinci jenis ataupun jumlah dari zat radioaktif yang baru ditemukan hasil penggeledahan di rumah SM. Temuan itu juga nantinya akan dikonfirmasi ke SM.


"Mungkin setelah perkembangan ini kami sampaikan apa hasil pemeriksaan yang bersangkutan," pungkas Asep.

Hingga saat ini, SM masih menjalani pemeriksaan aparat kepolisian. Ia masih berstatus sebagai saksi, meskipun zat radioaktif yang ditemukan di rumahnya masuk kategori ilegal.

[Gambas:Video CNN]
Polisi menyita sejumlah material atau zat radioaktif Cs-137 dari rumah SM di perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. Polisi memastikan zat tersebut sama dengan paparan di lahan kosong sekitar wilayah itu.

"5 kemasan plastik yang masing-masing berisi serpihan zat radio aktif Cesium-137 yang dimasukkan dalam wadah dan dititip rawat di PTLR Batan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono, Selasa (25/2) lalu.

Polisi pun menyita beberapa barang lain, yakni satu bundel data timah ts 208, satu bundel data timah ts 209, dan botol penyimpanan radioaktif Cesium-137.

(mjs/osc)