LAPORAN DARI SEBARU

Antisipasi Corona, Pulau Dekat Sebaru Siapkan Tempat Isolasi

yoa, CNN Indonesia | Sabtu, 29/02/2020 19:50 WIB
Antisipasi Corona, Pulau Dekat Sebaru Siapkan Tempat Isolasi Tempat Isolasi Virus Corona di Pulau Pantara yang berdekatan di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pulau Pantara yang jaraknya berdekatan dengan Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, menyiapkan tempat isolasi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Pulau Pantara dan Pulau Sebaru Kecil merupakan pulau yang dikelola oleh Grup Artha Graha. Proses karantina dan observasi risiko virus corona terhadap 188 anak buah kapal (ABK) Kapal World Dream telah dimulai di Pulau Sebaru Kecil sejak Jumat (28/2).

"Ini jaraknya sekitar 7 mil dari Sebaru Kecil. Ini resort untuk umum. Satu harus melindungi karyawan resort, kalau terjadi sesuatu di Sebaru Kecil. Ini potensi terkena kami dulu, makanya kami siapkan perangkat ini, termasuk bagi wisatawan yang datang," kata Ketua Umum Artha Graha Peduli, organisasi nonprofit di bawah Grup Artha Graha, Heka Hertanto, Sabtu (29/2).


Antisipasi Corona, Pulau Dekat Sebaru Siapkan Tempat IsolasiTempat Isolasi Virus Corona di Pulau Pantara, Kepulauan Seribu. (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Ia menjelaskan tempat isolasi yang disiapkan bersifat sementara. Jiika ada orang yang diduga suspect corona akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Ada dua dokter, di sini ada landasan heli juga. Jadi kalau ada yang diduga terpapar, akan kami bawa ke Jakarta," kata dia.

[Gambas:Video CNN]
Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, tempat evakuasi dan isolasi yang disiapkan berbentuk tenda yang didirikan di pinggir Pulau Pantara.

Salah satu petugas kesehatan di tempat tersebut, Dr. Aulia Wijaya mengatakan perlengkapan di tenda tersebut sudah sesuai standar WHO.

"Tenda ini juga bisa menjadi support untuk Pulau Sebaru, seandainya kami diminta, tenda ini bisa kami dorong ke sana," kata dia. (wis)