RS di Yogya Isolasi Nenek Usai Umrah Terkait Dugaan Corona

CNN Indonesia | Senin, 02/03/2020 20:17 WIB
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta menerima satu pasien rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jogja. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta menerima satu pasien rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jogja.(Foto: CNN Indonesia/Trie)
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta menerima satu pasien rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jogja.

Kepala Bidang Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Banu Hermawan menjelaskan, pasien berjenis kelamin perempuan usia sekitar 75 tahun dengan inisial R.

"Kami peroleh informasi pasien habis kunjungan umrah dan mengalami batuk batuk sehingga karena kondisi tersebut akhirnya dirujuk ke RSUP Dr Sardjito," jelas Banu dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/3).


Namun menurutnya, secara klinis, berdasarkan hasil pemeriksaan awal, pasien tidak menunjukkan tanda-tanda terinfeksi virus corona. "Semoga pasien ini juga negatif Covid," harapnya.


Hanya saja, Banu menyatakan pihaknya etap menangani pasien sesuai standar prosedur operasional WHO untuk penanganan Covid. "Kami memasukkannya ke ruang isolasi," ucapnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Tri Mardoyo justru berdalih, pihaknya belum mendapatkan informasi resmi dari RSUD Jogja terkait adanya pasien yang dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito tersebut.

"Besok kami akan melakukan koordinasi dengan pihak RSUD Jogja dan Dinkes DIY," ungkapnya kepada CNNIndonesia.com.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang, serta tidak mudah mempercayai kabar-kabar yang beredar di media sosial.

[Gambas:Video CNN]

(tri/asa)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK