Hasil Pemeriksaan Awal 2 Pasien Corona Dinyatakan Negatif

CNN Indonesia
Selasa, 10 Mar 2020 13:28 WIB
Hasil pemeriksaan pasien 06 dan pasien 14 menunjukkan hasil negatif. Namun dibutuhkan pemeriksaan kembali untuk memastikan dua pasien itu sembuh. Juru bicara pemerintah untuk penanganan wabah corona Achmad Yurianto. (CNN Indonesia/ Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru bicara pemerintah penanganan virus corona (covid-19), Achmad Yurianto menyebut hasil pemeriksaan awal pasien positif corona kasus 06 sudah menunjukkan status negatif corona. Kondisi serupa juga dialami pasien dengan pasien positif kasus 14.

Merujuk pengurutan pasien kasus positif corona versi pemerintah, kasus 06 merupakan ABK Diamond Princess yang sempat diisolasi di KRI Soeharso. Sementara itu kasus 14 merupakan imported case. Pasien 16 adalah perempuan berusia 50 tahun yang baru bepergian dari luar negeri.

Meski pemeriksaan awal hasilnya negatif, belum diputuskan dua pasien sembuh dari paparan corona. Yurianto mengatakan butuh pemeriksaan lanjutan untuk memastikan.

"Tetapi baru sekali negatifnya. Butuh hasil pemeriksaan kedua yang akan diambil dua hari lagi," kata Achmad di komplek istana kepresiden, Selasa (10/3).


Jika pada pemeriksaan kedua pada dua hari mendatang hasilnya negatif lagi, maka dua pasien ini akan dikeluarkan dari rumah sakit.

Pasien positif kasus 06 diketahui telah menjalani perawatan memasuki hari ke-5. Sedangkan untuk pasien dengan kasus 14 memasuki hari ke-3.

[Gambas:Video CNN]

Kepada kedua pasien tersebut, kata Achmad, pemerintah telah mulai melakukan edukasi self isolated. Artinya, kata dia, kedua pasien tersebut diminta menahan diri untuk tidak kontak dengan siapapun sementara.

"Bukan enggak boleh sama sekali, tapi ditahan dan menggunakan masker," ujar Achmad menambahkan.

Sejauh ini sudah 19 orang dinyatakan positif terinfeksi corona. Dua di antaranya adalah warga negara asing. 
(fey/sur)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER