Formula E Ditunda, Anies Klaim 'Commitment Fee' Tak Hangus

CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2020 11:36 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut commitment fee Firmula E senilai Rp350 miliar tak hangus meski gelaran balapan itu ditunda. Gubernur DKI Anies Baswedan sebut dana penyelenggaraan Formula E yang sudah disetor tidak hangus. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan commitment fee Formula E tak hangus walaupun gelaran balapan mobil listrik itu ditunda akibat wabah Virus Corona.

"Untuk kerugian tidak ada. [Commitment fee] tidak [hangus]," kata dia, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/3).

Anies mengaku lebih mempertimbangkan keselamatan warga Jakarta ketimbang memikirkan faktor keuntungan ekonomi.


"Kita enggak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Memang ekonominya besar tapi bila punya resiko, maka kita tunda," klaimnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memastikan bahwa pihak Formula E di Eropa sudah menyetujui penundaan tersebut. Pihak Formula E, kata dia, akan mengumumkan secara serentak kepada publik.

"Dan alhamdulillah pihak Formula E menyetujui itu sehingga hari ini kami di Jakarta dan mereka di Eropa sama sama mengumumkan bahwa formula E bulan Juni tidak dilaksanakan," tegas dia.

Lebih lanjut Anies mengatakan waktu penyelenggaraan akan dibahas dengan SKPD terkait. Anies tidak mendetail sampai kapan penundaan berlangsung.

[Gambas:Video CNN]
"Waktu penundaannya dibahas kemudian. Tapi bulan Juni sudah ditetapkan tidak dilaksanakan. Dan kita memantau perkembangan dunia apalagi formula E sebuah kegiatan yang dihadiri oleh wisatawan internasional," tutup dia.

Dalam sebuah surat bertanda tangan kepada kepada Organizing Committee (OC) Jakarta E- Prix, Rabu (11/3), Anies memutuskan untuk menunda Formula E setelah mencermati perkembangan kasus Covid-19.

Dari segi anggaran, Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara mendapatkan suntikan dana sebesar Rp305,2 miliar miliar dalam bentuk Penyerataan Modal Daerah (PMD). Dana ini digunakan untuk konstruksi trek balapan, berbagai persiapan, studi kelayakan (feasibilty study), asuransi, hingga pemasaran.

Selain itu ada juga anggaran sekitar Rp360 miliar yang merupakan commitment fee atau dana yang harus dibayarkan kepada Federation Internationale de l'Automobile (FIA) Formula E. 


(CTR/arh)