Dua Pasien Positif Corona Sembuh, Siap Dipulangkan

CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2020 14:05 WIB
Dua pasien positif corona dinyatakan berangsur pulih dan hasilnya negatif. Salah satu dari dua pasien tersebut diketahui merupakan ABK Diamond Princess. Proses evakuasi sejumlah ABK Diamond Princess terkait virus corona. (ANTARA FOTO/HO/KBRI Tokyo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua dari 27 pasien positif corona disebut bersiap pulang dalam waktu dekat. Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Corona, Achmad Yurianto menyebut dua pasien yang pulang adalah pasien dengan kasus 06 dan 14.

Yurianto mengatakan hasil tes keduanya telah dinyatakan negatif. Berdasarkan pengurutan kasus positif corona versi pemerintah, kasus 06 merujuk pada Anak Buah Kapal (Diamond Princess) yang sempat diisolasi di KRI Soeharso. Sementara itu pasien dengan kasus 14 merupakan pasien perempuan berusia 50 tahun.

"Sekarang kita sedang edukasi mereka untuk persiapan pulang, untuk melaksanakan self isolation, artinya isolasi diri di lingkungan keluarga," kata Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Rabu (11/3).

Yurianto menegaskan, saat masa isolasi sendiri itu, pasien tersebut harus tetap menggunakan masker, dan menghindari kontak dekat dengan anggota keluarganya.


"Tidak menggunakan alat makan dan minum bersama, dan kurangi kegiatan di luar," ujarnya.


[Gambas:Video CNN]

Dalam paparan sebelumnya, pemerintah juga menyatakan pasien warga negara asing (WNA) dengan identitas nomor 25 meninggal dunia. Namun demikian, Yuri menegaskan pasien tersebut meninggal bukan semata disebabkan virus corona Covid 19.

Namun virus tersebut telah memperparah penyakit bawaannya.

Pasien perempuan berusia 53 tahun tersebut, kata Yuri, menderita penyakit antara lain diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan penyakit paru obstruksi menahun yang sudah cukup lama diderita.

"Bukan karena coronavirus yang menjadi penyebab utama, tapi itu yang memperburuk kondisinya," ujar Yuri (psp/ain)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK