Pengalaman Pasien Sembuh Corona: Jangan Takut Diisolasi

CNN Indonesia | Selasa, 17/03/2020 13:29 WIB
Pengalaman Pasien Sembuh Corona: Jangan Takut Diisolasi Pasien 02 yang telah sembuh dari Covid-19 corona menyatakan isolasi diri di rumah maupun RS diperlukan sebagai bentuk kepedulian diri dan lingkungan sekitar. (Foto: ANTARA FOTO/Humas Kementerian Kesehatan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasien 03 virus corona (Covid-19) yang dinyatakan sembuh menyarankan masyarakat agar tidak takut diisolasi. Menurutnya, jika memang WNI positif corona, seseorang sudah tidak boleh memikirkan diri sendiri.

Diketahui, pasien 03 sempat diisolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta hingga terbebas dari virus tersebut.

"Jangan takut diisolasi, apapun itu. Mau itu isolasi rumah sakit atau isolasi diri di rumah, karena itu kita melakukan self care dan peduli sama lingkungan," ucap pasien 03 saat diwawancara CNNIndonesia TV, Selasa (17/3).

"Ini kan statusnya wabah nasional, bahkan internasional. Tanggung jawabnya bukan hanya ke diri pribadi tapi juga ke lingkungan," tambahnya.


Di tempat yang sama, pasien 02 menceritakan pengalamannya saat diisolasi di RSPI Sulianti Saroso. Sempat terlintas di benak pasien itu bahwa harta yang dimilikinya sudah tak bernilai. Hanya kedekatan dengan Tuhan yang bisa menenangkan hatinya selama dirawat agar terbebas dari virus corona.

Pasien 02 turut mengomentari kebijakan belajar dan bekerja di rumah yang diterapkan di beberapa daerah. Kebijakan itu dikeluarkan guna menekan penyebaran virus corona.

Menurut Pasien 02, kebijakan itu mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama bagi keluarga yang selama ini sangat sibuk dalam menjalani rutinitas.

"Sekarang banyak imbauan anak-anak diliburkan 2 minggu. Itu jangan kemana mana, justru kembali ke keluarga, kembali berkegiatan bersama keluarga. Melakukan hal-hal yang bisa dilakukan (bersama), karena selama ini sibuk cari uang," ujarnya.

Pasien 02 adalah orang yang positif terjangkit virus corona usai bertemu dengan warga negara Jepang dan beberapa orang lainnya di klub dansa di Jakarta. Pasien 02 dan ibunya, yang juga pasien 01 merupakan warga Depok.

[Gambas:Video CNN]


Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan pasien 01 dan 02 telah positif mengidap virus corona pada Februari lalu. Sejak itu, mereka dirawat khusus dan diisolasi di RSPI Sulianti Saroso hingga pulih.

Virus corona di Indonesia kian merebak seiring berjalannya waktu. Per Senin lalu (16/3), pemerintah mengumumkan ada 134 orang yang positif mengidap virus corona. Telah ada 8 orang yang sembuh dan 5 meninggal dunia. (ndn/gil)