Polda Metro Jaya Tutup SIM Keliling Hingga 29 Mei

CNN Indonesia | Jumat, 27/03/2020 11:02 WIB
Polda Metro Jaya Tutup SIM Keliling Hingga 29 Mei Ilustrasi Samsat keliling. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai menutup seluruh gerai layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

"Rencana kami tutup hari ini SIM Keliling dan gerai SIM yang ada di mal-mal," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (27/3).

Ia pun mengoreksi informasi yang dibagikan melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro terkait dengan pelayanan SIM Keliling tersebut pada hari ini.


Dalam hal ini, akun twitter resmi miliki kepolisian di wilayah Polda Metro Jaya menyebutkan bahwa lokasi pelayanan SIM Keliling tetap berjalan di beberapa titik.

Informasi yang diunggah, Jumat (27/3), ini menyatakan bahwa wilayah lokasi pelayanan SIM Keliling di Jakarta Timur akan dilaksanakan di Dealer Honda, Jalan Dewi Sartika; untuk Jakarta Utara akan berada di depan Pos Pol BPL Pluit Jembatan 3.


Sementara, untuk pelayanan di wilayah Jakarta Selatan akan berada di Kampus Trilogi Kalibata; Jakarta Barat akan berada di Mall Citraland Grogol; Jakarta Pusat berada di Kantor Pos Lapangan Banteng.

"Nanti kami koreksi," kata Sambodo.

Ia menjelaskan bahwa penutupan tersebut akan dilakukan setidaknya hingga 29 Mei. Seperti diketahui, penetapan status tanggap darurat nasional terkait Virus Corona diperpanjang hingga tanggal tersebut.

"Iya [penutupan hingga 29 Mei], atau setelah tanggap darurat selesai," jelas dia.

Sebagai informasi, Ditlantas Polda Metro juga memberikan perpanjangan dispensasi bagi masyarakat yang ingin mengurus SIM hingga 29 Mei mendatang. Sebelumnya, dispensasi ini hanya berlaku sampai 30 Maret.

Sebelumnya pun, pihak kepolisian sudah sempat melakukan pembatasan waktu untuk sejumlah layanan masyarakat mulai Selasa (24/3), untuk mencegah penyebaran Covid-19.

[Gambas:Video CNN]

(mjo/arh)