Jokowi Pilih Chloroquine Lawan Corona, Terawan Pakai Tamiflu

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 19:06 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto memilih menggunakan Tamiflu untuk menangani pasien positif Virus Corona karena persediaannya masih ada. Menkes Terawan (kanan) memilihb Tamiflu sebagai obat Corona. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan pihaknya menggunakan antivirus jenis Tamiflu untuk menangani pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Hal itu ia katakan saat menggelar rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (2/4).

"Kita menggunakan Tamiflu yang persediaannya ada," kata Terawan.


Dia menyatakan obat itu bisa digunakan saat obat dan vaksin khusus Virus Corona belum ditemukan. Penggunaan obat tersebut pun, aku dia, sudah mendapatkan rekomendasi dari himpunan dokter paru-paru Indonesia.

"[Tamiflu] berdasarkan rekomendasi maupun protokol yang dikeluarkan himpunan dokter paru Indonesia," kata dia.

[Gambas:Video CNN]
Terawan juga mengklaim Tamiflu sudah terdistribusi di dinas-dinas kesehatan tiap daerah saat ini. Sebanyak 450 ribu obat itu akan terdistribusi ke tiap rumah sakit yang menangani kasus Corona.

"Kemarin Rabu datang bahan baku untuk Tamiflu, sehingga kita bisa dapat 1 juta tablet dalam 1-2 minggu mendatang," kata dia.

Diketahui, Tamiflu sendiri merupakan antivirus yang digunakan secara luas saat mewabahnya virus Flu Burung dan Flu Babi beberapa tahun silam.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan Tamiflu dalam daftar obat esensial tahun lalu karena ada bukti efektivitas penggunaan obat ini dalam penanganan varian virus influenza yang tidak biasa, seperti flu burung.

Presiden Jokowi sebelumnya mengak sudah menyediakan 5 juta Avigan dan Chloroquine dalam perang melawan Virus Corona.

(rzr/arh)