11 Positif Corona di Sumsel, Kota Prabumulih Jadi Zona Merah

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 20:48 WIB
Kota Prabumulih ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus corona di Sumsel karena menjadi wilayah transimisi lokal. Kota Prabumulih ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus corona di Sumsel. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Palembang, CNN Indonesia -- Pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi 11 orang per hari ini, Kamis (2/4). Dari jumlah itu, 4 pasien positif virus corona berasal dari Kota Prabumulih.

Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel Yusri mengatakan Kota Prabumulih ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus corona karena terjadi transmisi lokal.
"Khusus untuk Prabumulih sudah zona merah karena ada transmisi lokal," kata Yusri kepada wartawan.

Yusri menyatakan pihaknya akan langsung mengisolasi jika ada warga yang mengalami gejala Covid-19. Ia mengaku belum memutuskan untuk melakukan karantina wilayah di Prabumulih.


"Untuk karantina wiayah kita lihat perkembangan kasus ke depan, kalau perkembangan cepat kita akan usulkan karantina wilayah," ujarnya.
11 Positif Corona di Sumsel, Kota Prabumulih Jadi Zona MerahFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel Zen Ahmad mengatakan empat pasien positif dari Kota Prabumulih itu masih keluarga, tiga orang dirawat dan satu meninggal dunia pada 23 Maret lalu.

Zen menyebut pasien positif corona lainnya berada di Kota Palembang 3 orang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) 2 orang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) 1 orang, dan 1 orang dari luar wilayah Sumsel. Dari 11 pasien positif, 2 di antaranya meninggal dunia.

"Jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium ada 74 sampel. Sebanyak 43 negatif, 11 positif, dan masih dalam proses 20 orang," ujar Zen.
[Gambas:Video CNN]
Sementara, kata Zen, total pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 36 orang, dengan rincian 24 dinyatakan negatif dan 12 masih dirawat di rumah sakit. Kemudian orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.307 orang.

Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona di Indonesia terus bertambah. Sampai hari ini pasien positif corona mencapai 1.790 orang. Dari jumlah itu, 170 orang meninggal dunia dan 112 orang dinyatakan sembuh. (idz/fra)