FOTO: Langkah Bebas Narapidana untuk Cegah Corona di Penjara

Antara, CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 20:01 WIB

, CNN Indonesia -- Belasan ribu narapidana dan napi anak dibebaskan pada pekan ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lapas dan rutan yang kapasitasnya terisi penuh.

Sejumlah narapidana menunggu antrean untuk menandatangani surat kelengkapan pembebasan dari masa pidana. Untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di rutan dan lapas, Kemenkum HAM memang membebaskan lebih dari 30 ribu narapidana dan napi anak. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Petugas mendata warga binaan yang dibebaskan di Lapas Kelas II A Palangkaraya. Lapas tersebut membebaskan sebanyak 40 warga binaan dengan status asimilasi untuk mengantisipasi penumpukan di lapas cegah penyebaran wabah COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Warga binaan berjalan menuju pintu penjagaan seusai dibebaskan di Lapas Kelas II A Palangkaraya. Pembebasan narapidana lewat program asimilasi ini dimulai pada pekan ini dan ditargetkan selesai dalam waktu 30 hari. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Seorang narapidana sujud syukur usai mendapatkan surat pembebasan dari masa pidana di Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan. Persoalan kapasitas penjara yang terisi penuh menjadi salah satu alasan Kemenkum HAM mengambil keputusan ini. Jaga jarak diperlukan untuk mencegah virus menyebar. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Warga binaan keluar dari rumah tahanan saat pembebasan saat Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi di Rutan Klas IIB Kudus, Jawa Tenga. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)
Di Tegal, sejumlah warga binaan menunjukkan surat pembebasan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19 di Lapas Kelas II B, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Seorang warga binaan berjalan sambil tersenyum menuju pintu penjagaan seusai dibebaskan di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Lambaro, Banda Aceh, Aceh. (ANTARA FOTO/Ampelsa)
Warga binaan membawa surat kelengkapan pembebasan di Rutan Klas IIB Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (2/4). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Warga binaan memeluk rekannya saat dibebaskan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I, Kota Tangerang, Banten, Kamis (2/4). (ANTARA FOTO/Fauzan)