Tenaga Medis Siaga di Pulau Galang Meski Belum Ada Pasien

CNN Indonesia
Senin, 06 Apr 2020 09:22 WIB
Tenaga medis yang disiapkan di RS Darurat Corona di Pulau Galang sebanyak 241 orang. Rumah sakit ini diutamakan untuk pasien yang baru pulang dari luar negeri. Bangunan Rumah Sakit Darurat Corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 241 tenaga medis gabungan dari berbagai instansi sudah disiagakan di Rumah Sakit Darurat Corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan para tenaga medis tetap disiagakan meski sampai hari ini belum ada pasien yang dirawat di sana.

"Tenaga medis sudah siap 241 orang," kata Yudo saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (6/4). 


RS Galang dioperasikan khusus untuk menangani pasien Covid-19. Meski begitu, Rumah Sakit Darurat ini berbeda dengan RSD Wisma Atlet Kemayoran. Rumah Sakit Galang akan diprioritaskan untuk menangani pasien yang baru pulang dari luar negeri. 



Namun tak menutup kemungkinan pasien corona yang tak tertangani di rumah sakit sekitar juga bisa dirawat di Pulau Galang. 

Rumah Sakit ini juga disebut dapat menampung hingga 800 pasien. Disebutkan bahwa salah satu gedung di RS Galang bisa menampung hingga 460 pasien, sedangkan gedung observasi terdiri dari beberapa gedung dengan fasilitas 340 tempat tidur. 

Di Galang sendiri terdapat bangunan renovasi dan bangunan baru. Terdiri dari gedung observasi yang menampung 240 tempat tidur, gedung observasi II 50 tempat tidur, observasi I 50 tempat tidur, dan gedung lain sebagai pendukung bisa menampung 460 pasien. 
(tst/sur)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER