Jokowi Minta Warga Tak Pakai Masker Medis

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 15:12 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan masker medis diperuntukkan bagi tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien corona. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengatakan Presiden Joko Widodo meminta semua warga menggunakan masker untuk mencegah virus corona (Covid-19).

Meski begitu, kata Doni, Jokowi meminta masyarakat tidak menggunakan masker medis. Sebab masker medis diperuntukkan bagi tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien corona.


"Bapak Presiden juga menyetujui penggunaan masker, tapi dari anjuran Bu Menlu sesuai anjuran WHO, bahwa masker untuk para tenaga medis, terutama dari dokter dan perawat, jangan dipakai oleh orang biasa," kata Doni dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Kepala BNPB melalui siaran langsung di akun Youtube DPR RI, Senin (6/4).


Doni menyampaikan warga bisa menggunakan masker kain. Menurutnya, masker jenis ini bisa diproduksi sendiri oleh masyarakat.

Mantan Pangdam Siliwangi itu berkata Jokowi juga telah memerintahkan jajarannya untuk menggalakkan produksi masker kain untuk seluruh masyarakat.

"Lewat UMKM untuk bisa produksi masker, sehingga kebutuhan masker tidak harus tergantung pusat," tuturnya.


Jokowi Minta Warga Tak Pakai Masker MedisInsert Artikel Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
Penggunaan masker menjadi anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19). Sebab, virus corona menyebar lewat percikan air liur atau droplet.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto menyatakan pemerintah mewajibkan kepada seluruh warga Indonesia untuk mengenakan masker saat akan keluar rumah mulai Minggu (5/4).

Hal ini sesuai dengan anjuran WHO agar menggunakan masker demi mencegah penularan Covid-19. Yuri mengatakan penduduk cukup mengenakan masker kain yang bisa dipakai berulang kali setelah dicuci. Untuk tenaga medis diharuskan mengenakan masker medis dan tipe N95.

"Semua harus gunakan masker, masker bedah dan masker N95 untuk petugas kesehatan, gunakan masker kain untuk warga, karena kita tidak tahu orang di luar, tanpa gejala, kita tidak tahu mereka sumber penyakit," kata Yuri saat melakukan konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta dan disiarkan secara langsung, Minggu (5/4).


[Gambas:Video CNN] (dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]