Anies Koordinasi dengan Bogor hingga Tangsel Terapkan PSBB

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 18:19 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan koordinasi dilakukan dengan Bogor hingga Tangsel dalam penerapan PSBB di ibu kota. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (jakarta.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut pihaknya berkoordinasi dengan para kepala daerah di Bogor baik kabupaten/kota, hingga Tangerang Selatan dalam pola pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam mencegah penyebaran virus corona.

"Karena kawasan ini satu episenter dan satu sinkronisasi langkah (dalam PSBB)," kata Anies saat menggelar konferensi pers di Balai Kota, Rabu (8/4).

Anies mengakui bahwa pola PSBB yang akan resmi diterapkan pada 10 April mendatang akan menjadi rujukan daerah lain, untuk melakukan pola yang sama. Anies berharap dengan pelaksanaan yang akan dilakukan DKI bisa tuntas sehingga masyarakat akan memiliki pedoman serupa.


Terkait dengan Pergub, Anies mengakui sudah selesai, namun ada beberapa hal yang perlu difinalisasi, misalnya terkait dengan pemberian izin angkutan online. Anies mengatakan, terhadap aturan tersebut pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

"Kami sedang diskusikan itu, mudah-mudahan ada kabar baik. Selama mereka memiliki protap, tentunya diizinkan," tegas Anies.
Anies Koordinasi dengan Bogor hingga Tangsel Terapkan PSBBFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian

Sebelumnya, Anies menetapkan pemberlakuan PSBB di ibu kota akan dilakukan pada 10 April 2020 hingga 14 hari ke depan. Dia meminta warga Jakarta untuk mematuhi penerapan PSBB dalam menanggulangi penyebaran virus corona.

Dalam kebijakan PSBB ini, Anies melarang ojek online untuk membawa penumpang. Ia meminta ojek online hanya membawa barang. Sementara kendaraan roda empat masih diperbolehkan tapi penumpang dibatasi.

Anies juga membatasi operasional dan penumpang transportasi umum. Jam operasional transportasi masal, seperti Transjakarta, MRT, dan LRT mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Kemudian jumlah penumpang dibatasi 50 persen dari kapasitas muatan.
(ctr/ain)

[Gambas:Video CNN]