KCI Tegaskan Belum Ada Penghentian Operasi KRL Commuterline

CNN Indonesia | Kamis, 16/04/2020 08:34 WIB
Penumpang memenuhi KRL Commuter Line  jurusan Bekasi dan Bogor di Stasiun Manggarai. Jakarta, Senin 13 April 2020. Pada hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, penumpang KRL masih banyak yang berdesak-desakan. Penumpang KRL di Stasiun Manggarai. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menegaskan hingga Rabu (16/4) belum ada penghentian operasional kereta rel listrik (KRL) commuter line Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi. KCI masih membahas usulan penghentian operasi KRL dengan pemerintah pusat dan sejumlah pemerintah daerah di wilayah Jabodetabek.

VP Komunikasi PT KCI Ernie Sylviane Purba mengatakan pihaknya telah mengetahui usulan dari lima kepala daerah terkait penghentian sementara operasional KRL.


Teranyar, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamils secara terang-terangan menyebut operasional KRL berhenti total per tanggal 18 April 2020 selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimulai di wilayah Tangerang, Banten.


"Masih dilakukan pembahasan terkait usulan tersebut," kata Ernie melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (16/4). 
Ernie mengaku semua pihak harap menunggu kelanjutan terkait putusan penghentian sementara ini. 

"Kita tunggu saja update-nya," kata dia.


Memasuki hari ketujuh penerapan PSBB di wilayah DKI Jakarta yang dimulai sejak tanggal 10 April lalu serta diikuti PSBB di wilayah Bodebek, jumlah pengguna kereta commuter menurun.

Kata dia, situasi pengguna kereta jika dibandingkan dengan hari pertama dan kedua dengan beberapa hari terakhir menunjukkan trend penurunan. 

"Berbeda dengan di wilayah DKI Jakarta, penerapan PSBB di wilayah Bodebek memasuki hari kedua. Situasi masyarakat yang menggunakan KRL pada penerapan PSBB mulai menunjukkan trend menurun," kata dia.


Kata dia, PT KCI sebagai operator KRL yang beroperasi di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten ini akan mematuhi sepenuhnya kesepakatan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait layanan operasional mereka. 

"Karena KCI melihat semangat utama dalam penerapan PSBB adalah gotong royong untuk bersama menghentikan penyebaran Covid-19," kata dia.
Mengutip Antara, Manager External Relations KCI Adli Hakim KCI mengatakan pihaknya tetap melayani pelanggan di kawasan Jabodetabek dengan waktu pembatasan operasional mengikuti PSBB.

"Selama dalam pembahasan, pada 16-17 April ini KRL Commuter Line masih beroperasi sebagaimana  masa PSBB," kata Manager External Relations KCI Adli Hakim.

Meski demikian, Adli mengatakan nantinya PT KCI akan menaati keputusan akhir yang tercipta dalam pembahasan bersama yang dilakukan dengan pemerintah daerah terkait serta PT KAI.

"Sudah tentu PT KCI sebagai operator KRL yang beroperasi dan melayani masyarakat di tiga provinsi akan patuh terhadap kesepakatan yang dikeluarkan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat," kata Adli.
(tst/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK