Mudik Dilarang, Operasi Ketupat 2020 Mulai Awal Ramadan

CNN Indonesia | Selasa, 21/04/2020 23:24 WIB
Petugas kepolisian mengikuti apel gelar pasukan di lapangan Polda Metro Jaya. Jakarta, Kamis, 9 Juli 2015. Selama operasi ketupat 2015, Polri mengerahkan kekuatan sebanyak 145.676 personil dibantu TNI 12.761 personil dan instansi terkait sebanyak 50.377 personil. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono. Operasi ketupat Polri 2020 bakal dilakukan sejak awal Ramadan lantaran ada larangan mudik di tengah pandemi virus corona (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korps Lalu Lintas Polri mempercepat kegiatan operasi ketupat berkenaan dengan larangan mudik yang baru saja diterbitkan pemerintah guna mencegah meluasnya penularan virus corona (Covid-19). Operasi ketupat tahun ini akan digelar sejak awal Ramadan, tepatnya 24 April 2020.

Biasanya, Kepolisian menggelar operasi ketupat H-7 jelang lebaran dan H+7 sesudah lebaran untuk mengawasi arus mudik lebaran di Indonesia.

"Akhirnya kami majukan mulai nanti hari pertama atau awal Ramadan kami laksanakan sampai h+7," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono melalui siaran langsung di akun Instagram Divisi Humas Polri, Selasa (21/4).


Argo belum merinci bentuk operasi ketupat yang akan dilakukan tahun ini. Tentu akan ada modifikasi lantaran operasi ketupat berlaku lebih lama dan ada larangan mudik yang diterbitkan pemerintah. Namun, Argo belum membeberkan.

Argo hanya menjelaskan bahwa pihak kepolisian tetap akan mendirikan sejumlah pos di beberapa titik wilayah seperti tahun-tahun sebelumnya. Pos digunakan untuk melakukan pengamanan di sekitar wilayah tertentu dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

"Sebagai gambaran ini kami dari pihak kepolisian dibantu oleh TNI, kami sudah merencanakan ada 2.582 pos," lanjut Argo.

Argo menuturkan bahwa pengamanan oleh pihak kepolisian pun akan berpedoman pada protokol penanganan Covid-19.

Selama pemerintah melarang kegiatan mudik lebaran 2020 di masa pandemi corona, kepolisian tidak menutup jalan tol mau pun jalan arteri. Hanya saja, akan tersebar check point dan pos-pos pengamanan untuk membatasi pergerakan masyarakat yang hendak mudik lebaran.

"Namun kemudian, kami lakukan upaya masyarakat yang mau mudik kemudian bertemu dengan anggota," jelas Argo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman demi mencegah penularan virus corona di berbagai daerah. Larangan mulai berlaku pada 24 April mendatang.

Menteri Perhubungan ad interim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan larangan mudik berlaku untuk wilayah Jabodetabek, wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan zona merah penularan virus corona.

"Larangan mudik berlaku efektif Jumat, 24 April 2020," imbuh Luhut usai mengikuti rapat terbatas dengan Jokowi, Jakarta, Selasa (21/4).
(mjo/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK