Waketum: Hanafi Rais Tak Mundur dari Partai, Tetap Kader PAN

CNN Indonesia | Rabu, 06/05/2020 18:04 WIB
Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais mengatakan pihaknya bakal memanggil BIN usai insiden di Riau, Selasa (28/8). Hanafi Rais. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi membantah putra pendiri PAN Amien Rais, Hanafi Rais, mengundurkan diri dari keanggotaan partai.

Viva mengatakan dalam surat yang dilayangkan Hanafi ke DPP PAN, Hanafi hanya menyatakan mundur dari kepengurusan DPP PAN dan dari anggota Fraksi PAN DPR RI.

"Mas Hanafi Rais tidak mundur sebagai anggota PAN. Jadi dapat dikatakan bahwa mas Hanafi adalah tetap sebagai anggota dan kader PAN," kata Viva kepada CNNIndonesia.com, Rabu (6/5).


Meski begitu, Viva mengatakan PAN berat hati menerima pengunduran diri Hanafi dari kepengurusan. Dia menyebut tenaga dan pikiran Hanafi masih diperlukan dalam menjalankan tugas partai.
Juru Bicara PAN itu juga membantah jika pengunduran diri Hanafi merupakan buntut konflik internal. Viva berkata Hanafi memiliki peran penting dalam partai berlogo matahari itu.

"Setahu saya, ketua umum PAN Bang Zulkifli Hasan sangat sayang kepada Mas Hanafi Rais. Hal itu tercermin dari sikap bang Zul," tuturnya.

Meski begitu, Viva menyampaikan PAN menghargai keputusan Hanafi. Dia berujar PAN tak akan membatasi hak politik setiap kadernya.

Mengenai jabatan yang ditinggalkan Hanafi, PAN akan mengambil keputusan politik secepatnya. Viva beralasan keputusan ini harus dibahas melalui mekanisme yang telah diatur.

"Mekanismenya, menurut Peraturan Partai tentang Hubungan Partai dengan Kader PAN di Lembaga Legislatif, hasil Rakernas I PAN 2020, ketua Fraksi PAN akan dipilih dan ditetapkan di Rapat Harian DPP PAN. Selanjutnya surat keputusan DPP PAN akan dikirim ke pimpinan DPR," ujarnya.

Langkah pengunduran diri Hanafi itu diketahui dari salinan surat yang diketik dan ditandatangani oleh Hanafi di atas meterai Rp6.000 yang diterima CNNIndonesia.com pada Selasa (5/5). Hanafi hingga kini belum berkomentar tentang pengunduran dirinya.

Namun, Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Muhammad Asri Anas membenarkan pengunduran diri Hanafi dari kepengurusan partai dan anggota DPR.

"Saya sudah konfirmasi sama Hanafi, benar beliau mundur seperti di surat," kata Asri kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/5).

Asri pun menyatakan akan mengikuti jejak putra Amien Rais itu untuk mundur dari kepengurusan PAN.
(dhf/ugo)

[Gambas:Video CNN]