Minum Obat Tak Sembuhkan Sakit, Warga Pamekasan Menenggak Oli

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 02:08 WIB
Warga melaksanakan Salat Jumat perdana setelah kurang lebih dua bulan tidak melaksanakannya di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 29 Mei 2020. Ada sejumlah protokol kesehatan bagi jemaah yang hendak beribadah. CNNIndonesia/Safir Makki Ilustrasi. (Foto: IStockphoto/gorodenkoff)
Pamekasan, CNN Indonesia --

Seorang warga Pamekasan, Jawa Timur (SH) memiliki kebiasaan meminum pelumas oli motor untuk menyembuhkan sakit komplikasi diabetes, asma, dan jantung yang dideritanya.

Perempuan berusia 50 tahun itu mengaku frustasi lantaran obat-obatan medis dan ramuan tradisional yang dikonsumsi tidak menyembuhkan penyakitnya. Alih-alih sembuh, sakit yang dideritanya justru semakin parah.

Semula, SH mengaku hanya mencoba-coba meminum oli untuk menyembuhkan sakitnya.


Kendati memicu keraguan medis, kini dia mulai terbiasa meminum oli untuk menjaga kebugaran tubuh. SH mengaku hingga saat ini sudah lebih dari sebulan mengonsumsi oli.

"Sejak tiga hari sesudah minum oli, saya merasa khasiatnya. Dulu saya sempat kesulitan bicara, tapi sejak minum oli, suara saya sudah kembali normal," kata SH kepada CNIndonesia.com.

"Sejak minum oli, saya merasakan badan justru semakin sehat. Buktinya, dulu kulit saya terasa kering, tetapi sekarang terasa lebih halus," klaimnya.

Kebiasaan tak biasa SH ini mendapat dukungan dari suaminya. Dalam sehari, SH dua kali meminum oli.

Sang suami yang semula tidak yakin dengan pilihan pengobatan SH akhirnya memberi izin untuk tetap mengonsumsi oli. Terlebih ia mengatakan melihat perkembangan penyakit SH mulai membaik.

"Sebelumnya saya memang tidak setuju dengan yang dilakukan istri karena saya khawatir oli bisa membahayakan kesehatannya. Tapi setelah melihat hasilnya, ternyata kesehatan istri justru membaik," kata sang suami.

Terpisah, petugas medis di Puskesmas Pasean, Dr. Ludia mengingatkan bahaya yang bisa mengancam kesehatan tubuh SH, meski diklaim bisa menyembuhkan penyakitnya.

"Kalau ada orang sakit lalu meminum oli lalu sembuh, kami yang heran. Kita kan sudah tahu kalau oli itu untuk mesin kendaraan bukan untuk dikonsumsi manusia," ujarnya.

Dibandingkan mencoba cara pengobatan kontroversial seperti meminum oli, ia menyarankan untuk tetap berobat dan berkonsultasi dengan dokter agar penyakitnya bisa ditangani.

"Lebih baik konsultasi saja, supaya bisa dapat pengobatan dan penanganan yang benar. Kalau dia bisa sembuh dengan meminum oli, mungkin karena sugesti saja karena itu terasa tidak masuk akal," ucapnya.

(nrs/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK