Wisatawan Asal Irlandia di Padang Positif Covid-19

CNN Indonesia | Senin, 01/06/2020 12:04 WIB
Petugas medis mengambil sampel lendir dari seorang pedagang saat tes swab di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Rabu (20/5/2020). Pemkot Padang melakukan tes swab terhadap pedagang dan orang-orang yang terkait di pasar itu dengan target 1.000 orang, untuk memutus penyebaran COVID-19 di klaster Pasar Raya tersebut. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc. Foto ilustrasi. Para petugas medis memeriksa tes swab di Kota Padang. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Padang, CNN Indonesia -- Wisatawan asing warga negara Republik Irlandia dinyatakan positif virus corona (Covid-19) di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Pria 41 tahun berinisial CMC itu kini dirawat di Semen Padang Hospital (SPH).

Direktur Utama SPH, Farhaan Abdullah mengatakan pria asal Kota Dublin itu datang ke SPH seorang diri untuk tes PCR pada 29 Mei.

CMC ingin mendapatkan hasil tes PCR karena ingin bepergian ke Jakarta. Seperti diketahui, orang yang ingin masuk Jakarta harus mendapat surat keterangan negatif Covid-19.


"Dia minta tes swab buru-buru karena mau pesan tiket berangkat ke Jakarta pada Minggu (31/5). Ketika itu dia batuk dan pilek," ucap Farhaan kepada CNNIndonesia.com, Senin (1/6).

Farhaan menginformasikan pada 31 Mei hasil tes PCR wisatawan asing itu keluar dan dinyatakan positif Covid-19. CMC langsung dijemput oleh petugas Dinas Kesehatan Kota Padang dengan ambulans dan alat pelindung diri level 3 di hotel. Sejak hari itu ia dirawat di SPH dengan status pasien positif dengan gejala klinis.

Farhaan menuturkan, CMC terinfeksi Covid-19 di Padang setelah berada di kota tersebut lebih dari 14 hari sebelum dinyatakan positif pada 29 Mei. Sementara itu, masa inkubasi SARS-CoV-2 selama 14 hari. Artinya, keberadaannya di Padang melewati masa inkubasi virus tersebut.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengatakan CMC mengunjungi Padang untuk berwisata. Turis asing itu masuk ke Padang pada 22 April dari Kota Medan. Pada 22 April Sumbar belum menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dari catatan tempat-tempat yang disinggahi CMC di Padang, yang diberikan Farhaan ke CNNIndonesia.com, diketahui bahwa CMC menginap di beberapa hotel dan di sebuah rumah tinggal (homestay) di Padang dan mengunjungi sebuah kafe.

"Menurut jadwal, dia kembali ke Irlandia pada 2 Juni. Namun karena positif Covid-19 dan dirawat di SPH, pulangnya menunggu petunjuk dokter SPH," tutur Nasrul.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani, mengatakan bahwa pihaknya sedang menelusuri riwayat kontak fisik pria tersebut selama di Padang. (adb/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK