Sejumlah Hal Penting Terkait Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020

CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2020 12:29 WIB
hand fill in Exam carbon paper computer sheet and pencil Ilustrasi kegiatan ujian SBMPTN. (Istockphoto/Soner Cdem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahap pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dibuka hari ini, Selasa (2/6). Pendaftaran masih berlangsung sampai 20 Juni.

Sama seperti tahun sebelumnya, pendaftaran UTBK dilakukan secara daring. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada UTBK 2020.

Mengutip laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), syarat utama siswa harus memiliki akun LTMPT terlebih dahulu. Akun ini bisa didapat melalui registrasi pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.


Namun tahapan awal registrasi akun LTMPT sudah berakhir sejak awal April lalu. Pendaftaran dibuka dua tahap pada Desember sampai Januari, berikutnya Februari sampai April.

Setelah memiliki akun LTMPT, siswa bisa mendaftarkan diri untuk SBMPTN dan UTBK. Ini karena pendaftaran dilakukan melalui akun tersebut.

Perlu diperhatikan, pendaftaran SBMPTN hanya untuk siswa yang belum diterima di PTN. Artinya yang sudah lulus SNMPTN tidak bisa mendaftar SBMPTN.

Siswa hanya bisa mendaftar UTBK dan SBMPTN satu kali dalam setahun. Setelah mendaftarkan diri, UTBK bakal dilakukan secara fisik selama pandemi covid-19 atau corona.

Untuk itu siswa diminta mencari lokasi pelaksanaan UTBK terdekat dengan tempat tinggalnya. Ini dipilih dalam proses pendaftaran UTBK melalui akun LTMPT.

UTBK sendiri ada dua tipe, yakni yang berbayar dan tidak berbayar. Yang berbayar dipungut Rp150 ribu per orang, dan diperuntukan bagi peserta reguler. Yang tidak berbayar diperuntukan bagi peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).

Ketika mendaftarkan diri, siswa harus memastikan tiap data yang diisi benar. Ini termasuk pilihan Program Studi (Prodi) yang harus sesuai persyaratan SMTA yang ditetapkan PTN.

Pasalnya, siswa tidak bisa mengubah kembali jika ada kesalahan karena data sudah disimpan secara permanen. Kartu ujian akan bisa langsung dicetak untuk dibawa ketika ujian.

Siswa bisa memilih dua Prodi pada satu PTN atau dua PTN berbeda. Namun Prodi harus pada satu jenis PTN yang sama. Dan urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Tes yang diujikan dalam UTBK sendiri hanya ada satu, yakni Tes Potensi Skolastik. Ini dilakukan untuk mempersingkat waktu tes di tengah pandemi. Umumnya juga diujian Tes Potensi Akademik pada UTBK tahun sebelumnya.

Berikut beberapa tanggal penting yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan SBMPTN-UTBK 2020:
1. Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 2 sampai 20 Juni
2. Pelaksanaan UTBK: 5 sampai 12 Juli (setiap hari empat sesi, kecuali Jumat dua sesi)
3. Pengumuman UTBK-SBMPTN: 25 Juli 2020 (fey/bac)

[Gambas:Video CNN]