PSBB Transisi DKI Jakarta Berlaku Hari Ini

CNN Indonesia | Jumat, 05/06/2020 06:40 WIB
Stasiun Tanah Abang di akhir PSBB tahap III DKI Jakarta, Kamis (4/6). Pemberlakuan PSBB transisi Jakarta dimulai hari ini. (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penerapan masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta mulai berlaku pada hari ini, Jumat (5/6). Di masa transisi ini sejumlah tempat usaha diizinkan untuk mulai beroperasi secara bertahap dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Kami di Gugus Tugas Covid-19 DKI memutuskan untuk menetapkan status PSBB di DKI Jakarta diperpanjang dan menetapkan Juni sebagai masa transisi," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta kemarin, Kamis (4/6).

Ia mengatakan bahwa sejumlah kegiatan yang sebelumnya dilarang saat PSBB diterapkan mulai boleh dilaksanakan di masa transisi ini seperti, kegiatan sosial ekonomi dan ibadah di rumah ibadah.


Meski demikian, Anies memberikan sejumlah syarat dalam pemberian izin kepada seluruh rumah ibadah di DKI Jakarta untuk kembali beroperasi.
Infografis Aturan Fase Transisi dan Perpanjangan PSBB JakartaInfografis Aturan Fase Transisi dan Perpanjangan PSBB Jakarta. (CNNIndonesia/Basith Subastian)

"Jadi masjid, musala, gereja, wihara, pura, kemudian kelenteng sudah mulai bisa membuka tapi hanya untuk kegiatan rutin," katanya.

Anies membeberkan beberapa protokol standar yang harus diterapkan. Rinciannya, jumlah peserta rumah ibadah maksimal 50 persen dari kapasitas rumah ibadah.

Kemudian, eks Mendikbud itu juga meminta pengelola rumah ibadah mengatur jarak antar jemaah, minimal satu meter. Pengelola juga wajib membersihkan tempat ibadah sebelum ataupun setelah menggelar peribadatan.

Anies juga meminta khusus pada masjid untuk meniadakan layanan penitipan sandal. Sebab, dikhawatirkan bisa menyebabkan kerumunan sehingga rawan penularan virus corona.

Sebagai gantinya, ia meminta jemaah untuk membawa tas sendiri yang berfungsi menyimpan alas kaki ke dalam masjid.

"Alas kaki harus dibawa sendiri karena itu siapkan tas untuk membawa alas kaki masuk ke dalam dan disimpan sendiri," tukas Anies.

Selain itu, Anies juga mengizinkan transportasi ojek online (ojol) untuk kembali mengangkut penumpang. Begitu pula perkantoran, rumah makan, hingga industri retail beroperasi kembali mulai Senin (8/6).

Sementara pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta diizinkan dibuka mulai Senin (15/6). (mts/bac)

[Gambas:Video CNN]