Buka Awal Juli, Istiqlal Tak Gelar Salat Jumat Hari Ini

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/06/2020 08:03 WIB
Suasana di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat cukup ramai didatangi para pengunjung di Hari Raya IdulFitri 1441 Hijriah, Minggu (24/5). Mayoritas dari mereka, datang untuk berfoto di depan Masjid terbesar di Asia Tenggara Itu Masjid Istiqlal tak menggelar salat Jumat berjemaah meski Anies Baswedan telah memberi izin kepada seluruh rumah ibadah untuk kembali beroperasi. (CNN Indonesia/ Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masjid Istiqlal Jakarta Pusat tak menggelar ibadah salat Jumat berjemaah meski Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah resmi memberi izin kepada seluruh rumah ibadah di DKI Jakarta kembali beroperasi pada Jumat (5/6).

"Kami hari ini belum menggelar Jumatan untuk umum," kata Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada CNNIndonesia.com, Jumat (5/6).
Abu menegaskan keputusan itu diambil karena hingga saat ini belum ada instruksi langsung dari Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Terlebih lagi, kata dia, Istiqlal saat ini masih fokus mengerjakan proyek renovasi masjid yang telah memasuki tahap akhir.


"Kemungkinan awal Juli masjid dibuka untuk umum bersamaan dengan selesainya renovasi," kata Abu.

Renovasi masjid terbesar di Asia Tenggara itu awalnya ditargetkan selesai pada Maret lalu itu diundur hingga Juli mendatang. Renovasi yang tengah berlangsung di Masjid Istiqlal saat ini telah mencapai tahap 90 persen.

Abu berharap nantinya masyarakat bisa menggunakan masjid tersebut untuk beribadah salat Iduladha berjemaah pada akhir Juli 2020.

"Ya kalau awal Juli sudah dibuka untuk umum, InsyaAllah Iduladha bisalah [dipakai], kan akhir Juli," kata Abu.

Warga melaksanakan Salat Jumat perdana setelah kurang lebih dua bulan tidak melaksanakannya di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 29 Mei 2020. Ada sejumlah protokol kesehatan bagi jemaah yang hendak beribadah. CNNIndonesia/Safir MakkiWarga melaksanakan salat Jumat perdana setelah kurang lebih dua bulan tidak melaksanakannya di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 29 Mei 2020. (CNN Indonesia/Safir Makki)


Masjid Istiqlal tak menggelar acara keagamaan dan peribadatan sepanjang masa pandemi virus corona sejak Maret 2020.

Istiqlal juga memutuskan tak menggelar salat Idulfitri pada tahun ini. Selain itu masjid juga ditutup dan tidak beroperasi saat Lebaran pada 1 Syawal 1441 hijriah.

Pengurus Masjid Istiqlal diketahui sudah tak menggelar ibadah salat Jumat sejak pertengahan Maret. Keputusan itu berdasarkan instruksi dari Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, yang merujuk kepada Keputusan Gubernur DKI Jakarta untuk menekan penularan Covid-19.

Meski Anies mengizinkan rumah ibadah kembali beroperasi selama PSBB tahap keempat kali ini, namun masih ada 66 Rukun Warga (RW) berkategori zona merah penyebaran virus corona.

Anies menjelaskan puluhan RW itu tersebar di Jakarta Barat (15), Jakarta Pusat (15), Jakarta Selatan (3), Jakarta Utara (15), Jakarta Timur (15), dan Kepulauan Seribu (3 RW di dua pulau berbeda).

"66 RW adalah 2,4 persen dari seluruh total RW, yang 97,6 persen alhamdulillah relatif terkendali," kata Anies di Balaikota Jakarta, Kamis (4/6).


Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta pun tak menganjurkan pembukaan masjid di sejumlah RW yang termasuk zona merah tersebut. (rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]