Kronologi Pesawat Pelita Air Tergelincir di Bandara Tolikara

CNN Indonesia
Selasa, 09 Jun 2020 11:10 WIB
Peswat Pelita Air tergelincir di Bandara Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Selasa (9/6) sekitar pukul 09.15 WIT. Pesawat Pelita Air tergelincir di Bandara Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Selasa (9/6). (Dok. Humas Polda Papua)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat Pelita Air dengan nomor registerasi PK - PAG tergelincir di Bandara Karubaga Kabupaten Tolikara, Papua, Selasa (9/6) sekitar pukul 09.15 WIT.

Pesawat yang dipiloti oleh seorang warga negara New Zealand bernama Anderson Matthew James itu diketahui mengangkut BBM jenis solar.
Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pesawat tersebut berangkat dari Bandara Timika pada pukul 08.00 WIT dengan tujuan Bandara Karubaga.

"Pukul 09.15 WIT, setibanya di Bandara Karubaga Kabupaten Tolikara, saat pesawat akan melakukan pendaratan (landing) pesawat mengalami mengalami crash landing," tutur Kamal dalam keterangannya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (9/6).


Akibatnya, pesawat ban pesawat itu tergilincir dan akhirnya menabrak pagar landasan pacu di Bandara Karubaga.
Disampaikan Kamal, BBM jenis solar seberat tiga ton yang diangkut oleh pesawat tersebut telah dipindahkan ke truk pengangkut BBM usai kejadian.

Kamal menyebut tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pilot pesawat, lanjutnya, telah dibawa ke RSUD Karubaga untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatan oleh tim medis.

Lebih lanjut, dikatakan Kamal, kepolisian telah berkoordinasi dengan pihak terkait ihwal insiden tersebut. Saat ini, proses penyelidikan masih dilakukan.

"Mendatangi TKP, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, melakukan penyelidikan," ucap Kamal.
(dis/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER