Kepala Bulog Jatim Positif Corona, Seluruh Pegawai Jalani Tes

CNN Indonesia | Selasa, 16/06/2020 19:05 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan cepat COVID-19 (Rapid Test) terhadap warga di Pasar Kembang, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/5/2020). Pemeriksaan cepat terhadap sejumlah pedagang di pasar itu guna mengetahui kondisi kesehatan mereka sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc. Petugas melakukan pemeriksaan cepat Covid-19 (rapid test) terhadap warga di Pasar Kembang, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/5/2020). (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Surabaya, CNN Indonesia -- Seluruh pegawai Divisi Regional Bulog Jawa Timur menjalani rapid test virus corona (Covid-19). Hal itu dilakukan menyusul Kepala Bulog Jatim Khozin yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Wakil Pimpinan Kanwil Bulog Jatim, Amrullah, mengatakan rapid test itu dilakukan kepada 76 orang. Dan hasilnya, seluruh pegawai dinyatakan nonreaktif.


"Seluruh karyawan Bulog Kanwil Jatim ada 76 karyawan lakukan rapid test, hasilnya nonreaktif," kata Amrullah saat dikonfirmasi, Selasa (16/6).


Meski hasil rapid test nonreaktif, sejumlah pegawai yang memiliki kontak erat atau sempat bertemu langsung dengan Khozin diminta tetap melakukan isolasi mandiri.

Meski begitu, kata dia, jumlah pegawai yang menjalani isolasi juga tak banyak. Sebab, Khozin diduga terpapar Covid-19 saat dirinya tak berada di kantor atau sedang menjalani work from home (WFH).

"Pegawai yang berhubungan dengan pimpinan kita minta isolasi mandiri. Perlu diketahui pimpinan positif Covid-19 pada saat WFH. Hampir tidak ada hubungan dengan karyawan," ujarnya.


Insert Artikel - Waspada Virus CoronaInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)
Amrullah menuturkan selama pandemi, Bulog Jatim juga membagi jadwal masuk pegawainya secara bergantian. Sebagian karyawan menjalani WFH, namun ada pula yang bekerja di kantor.

"Jadi bergantian, supaya operasional tetap berjalan. 70 persen WFH, 30 persen masih di kantor," kata dia.

Bulog Jatim juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti pemakaian masker, cek suhu tubuh, fasilitas cuci tangan, physical distancing, pengurangan rapat hingga penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan.

"Terutama ruangan pimpinan wilayah," ucap Amrullah.


Khozin dinyatakan positif terinfeksi virus corona berdasarkan hasil tes swab polymerase chain reaction (PCR). Ia sempat merasa tidak enak badan, dan mengalami gejala klinis Covid-19 seperti demam dan batuk, kemudian memeriksakan diri ke RS Premier Surabaya.

"Iya (benar positif covid-19), hasil swabnya sudah keluar tiga hari yang lalu, sekarang saya dirawat di RS Premier Surabaya," kata Khozin, saat dikonfirmasi, Sabtu (13/6). (frd/pmg)

[Gambas:Video CNN]