Polda Gorontalo Buat Hand Sanitizer dari Miras Cap Tikus

CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2020 09:15 WIB
Minuman keras yang dijadikan bahan pembuatan hand sanitizer adalah sitaan. Pembersih tangan itu akan dibagikan gratis ke masyarakat. Foto ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Gorontalo memproduksi 10 ribu botol pembersih tangan atau hand sanitizer berbahan dasar minuman keras sitaan jenis "captikus", untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Kapolda Gorontalo, Inspektur Jenderal Adnas di Gorontalo, Rabu, mengatakan jika hand sanitizer tersebut diproduksi bersama dengan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo.

"Ini kita produksi dan kita bagikan kepada seluruh masyarakat, agar tidak terkena covid-19," kata Adnas seperti dilansir dari Antara, Kamis (23/7).


Ia berharap setelah dibagikan, hand sanitizer bisa dipakai setiap hari untuk mencegah penularan corona.

"Mudah-mudahan ini bisa mengurangi penyebaran covid-19 di Gorontalo, dan kita akan membagikannya bersama masker setiap hari kepada masyarakat," katanya.

Ia mengaku jika setiap hari pihaknya akan terus melalukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar terus menaati protokol kesehatan.

"Kita akan melakukan razia di pasar, pusat keramaian dan jalanan. Kita bagikan masker dan hand sanitizer agar masyarakat hidup bersih dan terhindar dari covid-19," kata Adnas.

Membersihkan tangan dengan penyanitasi tangan atau sabun sesering mungkin adalah salah satu protokol kesehatan untuk mencegah corona. Pasalnya, tangan jadi salah satu media penularan karena kerap digunakan untuk menyentuh sesuatu sebelum menyentuh bagian wajah.

(Antara/sur)

[Gambas:Video CNN]