UTBK untuk Peserta Demam dan Reaktif Covid Digelar 30 Juli

CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2020 18:41 WIB
Sebanyak 1.923 orang yang sempat tak bisa mengikuti UTBK SBMPTN 2020 karena terkendala protokol kesehatan, akan melaksanakan ujian susulan pada 30 Juli 2020. Ilustrasi peserta UTBK SBMPTN 2020. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peserta yang sempat terkendala aturan protokol kesehatan akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 pada 30 Juli mendatang. Jumlah peserta dalam kategori ini tercatat sebanyak 1.923 orang.

"LTMPT akan melakukan UTBK khusus peserta yang terkendala [persyaratan terkait] Covid-19 di gelombang satu pada tanggal 30 [Juli], ada sebanyak 1.923 orang," ujar Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Budi Prasetyo kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Kamis (23/7).

Ia menjelaskan sejumlah peserta tersebut terkendala aturan batas suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius atau dinyatakan reaktif berdasarkan pemeriksaan rapid test. Ada juga yang terkendala karena dinyatakan positif ketika melaksanakan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR).


Di samping itu juga ada peserta yang berada di wilayah zona merah sehingga tidak bisa mendatangi pusat UTBK ketika ujian digelar 5 sampai 14 Juli lalu.

Sejumlah peserta tersebut mulanya direlokasi ke UTBK gelombang kedua. Namun karena pendataan jumlah peserta berjalan hingga 22 Juli, LTMPT memutuskan membuka jadwal khusus untuk peserta relokasi.

Budi menyatakan 1.923 peserta itu berasal dari 49 pusat UTBK dari seluruh Indonesia. Pusat UTBK terkait sudah menyetujui tes susulan untuk para peserta tersebut.

Pusat UTBK nantinya bakal mendata dan memutuskan lokasi ujian susulan setiap peserta. Pada pusat UTBK yang jumlah peserta susulannya sedikit, maka lokasi bisa digabung dalam satu kota.

"[Jumlah] Peserta di pusat UTBK bervariasi mulai dari satu orang sampai 320 orang. Jadi [lokasi UTBK-nya] tidak digabungkan semua," tambahnya.

SBMPTN merupakan salah satu seleksi masuk perguruan tinggi negeri di samping dua jalur lain, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur mandiri.

UTBK merupakan tahapan wajib dilewati semua peserta SBMPTN. Hasil SBMPTN bakal diumumkan pada 20 Agustus setelah seluruh gelombang UTBK selesai.

UTBK SBMPTN 2020 digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 5 sampai 14 Juli 2020. Sementara itu, gelombang dua pada 20- 29 Juli 2020.

Budi mengatakan 95 persen peserta UTBK gelombang kedua hadir. Secara keseluruhan ada 153.251 peserta yang dijadwalkan mengikuti UTBK gelombang kedua.

(fey/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK