Panglima TNI dan Singapura Bahas Latmil, Prabowo ke Turki

CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2020 18:04 WIB
Panglima TNI dan Singapura melakukan teleconference membahas latihan dan kerja sama militer, sementara Menhan Prabowo ke Turki menjajaki kerja sama pertahanan. Prajurit TNI dan berfoto prajurit Singapura Armed Forces (SAF) saat latihan bersama, 4 November 2014. (Antara Foto/Anis Efizudin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan teleconference dengan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Singapura Jenderal Melvyn Ong, Kamis (23/7).

Dalam perbincangan tersebut Hadi dan Melvun membahas latihan dan kerja sama militer kedua angkatan bersenjata.

"Kerja sama pertahanan merupakan salah satu pilar penting dalam hubungan bilateral Indonesia-Singapura. Oleh karena itu, latihan dan kerja sama serta persahabatan SAF (angkatan bersenjata Singapura)-TNI harus terus dijaga," demikian pembahasan kedua jenderal tersebut seperti dikutip dari rilis TNI.


Selain itu, Hadi mengatakan di tengah-tengah situasi pandemi virus corona (Covid-19), TNI dan SAF harus menyusun solusi terbaik dalam mencari bentuk kegiatan kerja sama dengan tetap mengikuti regulasi protokol kesehatan.

Menanggapi hal tersebut pun, Melvyn menjawab setelah pandemi Covid-19 berakhir pun, latihan dan kerja sama tersebut diharapkan dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Prabowo Jajaki Kerja Sama Pesawat Nirawak di Turki

Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan lawatan luar negeri ke Turki untuk menjajaki kerja sama pertahanan.

Di sana, Prabowo bertemu dengan Ketua Presidensi Industri Pertahanan Turki, Ismail Demir. Pertemuan itu digelar di sela kunjungan Prabowo ke Turki.

Pertemuan itu pertama kali diketahui melalui cuitan yang diunggah Ismail lewat akun twitter resmi miliknya, @IsmailDemirSSB yang diakses CNNIndonesia.com, Kamis (23/7).

Melalui cuitannya Ismail mengatakan dia melakukan tukar pikiran dan pandangan mengenai pertahanan dengan Prabowo.

"Dalam pertemuan itu kami bertukar pandangan soal berbagai isu dan kerja sama di bidang pertahanan, terutama soal pesawat tanpa awak (UAV) dan alat tempur laut," kata Ismail melalui cuitannya.


Pertemuan dan pembicaraan Prabowo itu pun dibenarkan Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjutak saat dikonfirmasi.

Dahnil mengatakan kunjungan itu dilakukan Prabowo dalam rangka mendalami pembicaraan soal kerja sama pertahanan antara dua negara.

"Betul beliau melanjutkan pembicaraan lebih intens terkait kerjasama Industri pertahanan dengan industri pertahanan Turki," kata Dahnil melalui pesan singkat.

Kunjungan ke Turki ini bukan yang pertama kali dilakukan Prabowo sejak menjadi Menteri Pertahanan.

Pada 27-29 November akhir tahun lalu Prabowo sempat mengunjungi Turki bahkan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kala itu Prabowo menyampaikan keinginannya untuk memperkuat kerja sama pertahanan antara Turki dengan Indonesia.

(tst/kid)

[Gambas:Video CNN]