Achmad Purnomo Jadi Penasihat Gibran di Pilkada Solo

CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2020 20:10 WIB
Mantan pesaing Gibran Rakabuming Raka dalam pencalonan di Pilkada Solo, Achmad Purnomo, ditunjuk PDIP sebagai tim penasihat putra Jokowi itu. Kader PDIP dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. (CNN Indonesia/ Damar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Surakarta menunjuk Achmad Purnomo menjadi penasehat Tim Pemenangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa pada Pilkada Surakarta 2020.

"Setelah rapat DPC, kami bentuk tim pemenangan langsung, termasuk juga pertemuan pengurus ranting, pengurus PAC. Nanti Pak Pur dimasukkan di tim penasehat, saya juga," kata Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo alias Rudy, di Solo, Kamis (23/7).

Achmad Purnomo saat ini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta. Ia sempat diusung sebagai calon tunggal oleh DPC PDIP Surakarta pada Pilkada 2020. Meski demikian, pada akhirnya rekomendasi tidak jatuh ke tangan Purnomo melainkan Gibran.


"Kalau ketua (Ketua Tim Pemenangan) tidak, beliau pengen istirahat. Ini saya sudah koordinasi dengan Pak Pur. Saya minta beliau menjadi penasehat tim pemenangan," kata .

Rudy menyebut untuk Ketua Tim Pemenangan pasangan Gibran-Teguh dipegang oleh Putut Gunawan.

Lebih lanjut, Wali Kota Solo ini menyatakan tidak khawatir bila Gibran akan melawan kotak kosong pada Pilkada Surakarta 2020.

"Ya 'nggak pa-pa', yang penting menang," katanya.

Mengenai target kemenangan, ia tidak ingin muluk-muluk, yaitu sebesar 62 persen. Meski demikian, angka tersebut berpotensi lebih besar seiring dengan bergabungnya partai pendukung dan relawan.

"Kalau dari partai pendukung ya nanti berapa persen sumbangan dari mereka, relawan juga," katanya.

Mengenai partai pendukung, Rudy mengungkapkan sejauh ini belum ada yang secara resmi memberikan dukungan.

"Kalau sudah kan bisa masuk tim pemenangan. Kalau secara verbal (yang akan mendukung) Golkar dan PAN. Kalau Gerindra, Demokrat, dan PSI belum ketemu," katanya.

(Antara/wis)

[Gambas:Video CNN]