Cak Imin Targetkan PKB Menang 70 persen di Pilkada 2020

CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 02:05 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan calon kepala daerah yang diusungnya memiliki program ekonomi alternatif hadapi corona. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berharap bisa menang 70 persen di Pilkada Serentak 2020 (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan pihaknya menargetkan kemenangan 70 persen di Pilkada Serentak 2020 mendatang. Diketahui, pilkada akan dihelat di 270 daerah.

"Kita berharap nanti bisa menang 70 persen," kata Cak Imin di kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (23/7).

Sejauh ini, Cak Imin mengaku PKB telah memberikan rekomendasi kepada 45 pasangan calon kepala daerah. Muhaimin tidak menjelaskan secara detail nama-nama calon maupun daerah yang sudah dikeluarkan surat rekomendasi itu.


Ia hanya mengatakan rekomendasi untuk semua wilayah akan dirampungkan selekas mungkin.

Setiap hari bertambah. Kita berharap nanti bisa menang 70 persen. Bulan ini harus selesai rekomendasi," kata Cak Imin.

Para calon kepala daerah yang didukung PKB, harus membuat kontrak politik terkait program-program ekonomi alternatif. Program-program ini, kata dia, dibutuhkan untuk keluar dari stagnasi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Para kepala daerah harus menjadi harapan masyarakat di tengah pandemi yang sulit ini. Salah satu kampanye yang harus diberikan kepada masyarakat adalah komitmen untuk terus mencari jalan keluar stagnasi ekonomi kita akibat corona ini," ucap dia.

Diketahui, Pilkada Serentak 2020 bakal dihelat di 270 daerah. Terdiri atas 9 pilgub, 224 pilbup, dan 37 pilwalkot.

Tahapan pilkada sempat ditunda akibat wabah virus corona. Kini, tahapan sudah dilaksanakan kembali dengan disertai protokol kesehatan.

Pemungutan suara awalnya dijadwalkan pada 23 September 2020. Namun karena pandemi corona, DPR, pemerintah, dan KPU sepakat untuk mengundurnya ke tanggal 9 Desember 2020.

(yoa/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]