Susu Kental Manis Frisian Flag Bisa untuk Yogurt Sampai Soto

Advertorial, CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 00:00 WIB
Produk Susu Kental Manis Frisian Flag, bisa dimanfaatkan untuk berbagai makanan, dan bisa dijadikan sebagai bumbu masakan Berbagai Sajian Lezat Di Tengah Pandemik Menggunakan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold (Foto: Dok. Frisian Flag)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu akibat dari wabah Covid-19 adalah meningkatnya ketertarikan orang-orang untuk berada di dapur. Wabah ini juga telah menciptakan berbagai tren seperti kopi dalgona, sereal pancake hingga memasak martabak di teflon.

Tren ini tidak mengejutkan karena memasak atau membuat kue dapat menjadi kegiatan mengisi waktu luang ketika di rumah dan juga dapat mengatasi rasa bosan. Di antara berbagai produk yang paling banyak digunakan adalah produk susu kental manis.

Bisa dibilang, produk susu kental manis dapat ditemukan hampir di semua tempat perbelanjaan. Mungkin ada satu atau dua kaleng produk susu kental manis yang bersembunyi di dapur Anda.


Bisa dibilang, susu kental manis adalah bumbu rahasia dalam berbagai penganan. Bahtiar Pebri Dwiyana atau yang dikenal juga dengan Chef Tiarbah, pemilik akun twitter @tiarbah sekaligus @masakdarurat yang sangat hits di kalangan dunia maya ini menjelaskan bahwa produk susu kental manis dibuat dengan mengeluarkan sebagian besar air dari susu sapi. Proses ini menghasilkan cairan kental, yang kemudian dimaniskan dan dikalengkan. Meskipun merupakan bagian dari susu, produk susu kental manis terlihat dan mempunyai rasa yang berbeda dari susu biasa. Sesuai namanya, produk susu kental manis menghasilkan rasa yang manis, lebih gelap warnanya, memiliki tekstur yang lebih tebal dan terasa lebih kental.

Manfaat susu kental manis yaitu memiliki umur simpan yang  lama menjadikannya bahan yang populer dalam hidangan di seluruh dunia. Susu dalam kandungan susu kental manis tersimpan aman dalam kemasannya yang kuat, dan sebagai salah satu kategori susu, produk susu kental manis dapat digunakan juga sebagai bahan makanan serba guna. Di beberapa region seperti Amerika Latin dan beberapa negara Asia, konsumsi susu kental manis tidak hanya terbatas pada makanan manis tetapi juga makanan gurih. Chef Tiarbah juga mengatakan bahwa meski pun di Indonesia konsumsi susu kental manis kebanyakan pada makanan camilan seperti martabak, penggunaan produk susu kental manis juga bisa dilakukan pada makanan berat dan gurih seperti soto betawi.

"Susu kental manis adalah bahan yang sangat banyak digunakan dalam memasak, terutama dalam hidangan penutup yg manis. Uniknya, beberapa hidangan yg gurih juga ada yg menggunakan skm ini, seperti salah satu kedai soto Betawi yang pernah saya temui. Dia menambahkan susu kental manis dalam kuahnya. Mungkin beberapa ada yang menganggapnya aneh, tapi jika diperhatikan nyatanya bisa-bisa saja, susu untuk menambah rasa gurih dan gula yang ada pada susu kental manis sebagai pengganti gula yang biasa kita gunakan selama memasak," ujar Tiarbah.

Penasaran cara unik apa saja untuk mengonsumsi produk susu kental manis? Ini berbagai tips dan trik dalam konsumsi susu kental manis dalam membuat berbagai hidangan menarik.

Es Krim No-Churn

Percaya atau tidak, Anda bisa membuat es krim lembut sehalus sutra seperti yang biasa ditemukan di toko hanya dengan bermodal dua bahan baku saja. Selain itu, Anda juga tidak memerlukan kompor atau alat canggih untuk membuat es krim ini, yang Anda perlukan hanya produk susu kental manis, whipped cream dan mixer. Mengutip dari situs The Kitchen, untuk mendapatkan es krim selembut sutra, Anda biasanya memerlukan alat khusus yang disebut sebagai churn dan tentunya berbagai macam bahan baku.

Pertama-tama Anda harus membuat bahan dasar  terdiri dari campuran krim kental dan gula yang dimasak dengan telur atau tepung jagung untuk membantu mengentalkannya menjadi seperti puding kustar. Lalu bahan ini perlu didinginkan kemudian diaduk dalam pembuat es krim sebelum pembekuan. Proses churning akan menggabungkan udara dan memecah kristal es saat terbentuk, membuat es krim jadi lebih halus dan lembut.

Namun, Anda bisa menghemat proses ini tanpa mengorbankan kualitas dengan memanfaatkan kandungan susu kental manis. Kandungan susu kental manis dapat menggantikan bahan-bahan seperti telur dan gula. Sementara whipped cream menghadirkan tekstur yang lembut. Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat es krim ini adalah beberapa cangkir whipped cream dan sekaleng susu kental manis bendera. Kocok wipped cream bersama dengan susu kental manis. Bekukan campuran ini selama beberapa jam dan Anda sudah mendapatkan es krim selembut sutra.

Yogurt Vietnam

Konsumsi susu kental manis tidak harus selalu dikaitkan dengan makanan berkalori tinggi. Manfaat susu kental manis tidak hanya terbatas pada hidangan yang manis. Dengan metode yang tepat, produk susu kental manis dapat digunakan untuk membuat makanan kaya probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan seperti yogurt Vietnam. Menurut penulis buku masak terlaris dan ahli memasak Vietnam Andrea Nguyen, yoghurt Vietnam atau biasanya dikenal sebagai da ua berbeda dari membuat yogurt biasa dalam dua cara.

Pertama, Anda tidak perlu merebus susu sebelum membuat yogurt. Tentunya hal ini menghemat banyak waktu. Kedua, yogurt ini dibuat dengan memanfaatkan kandungan susu kental manis. Sehingga rasa yang dihasilkan terasa lebih manis dan lebih kaya rasa dari yogurt biasa. Total, Anda hanya membutuhkan 4 bahan yaitu 4 gelas susu segar, satu kaleng susu kental manis bendera, 3/4 gelas kultur aktif yogurt, dan air mendidih.

Cara membuat yogurt ini dimulai dengan mengosongkan satu kaleng susu kental manis bendera ke dalam mangkuk besar. Sisihkan kaleng kosong untuk saat ini. Didihkan air, lalu tambahkan 1 kaleng air mendidih ke dalam susu kental manis dalam mangkuk. Kocok perlahan hingga tercampur rata, lalu tambahkan setengah dari susu segar dan kocok hingga rata. Tambahkan yogurt dan aduk sampai tidak ada gumpalan yoghurt yang tersisa.

Tambahkan susu segar yang tersisa dan kocok. Taruh adonan ke dalam toples dan tutup rapat. Lalu diamkan toples berisi yogurt di pressure cooker yang sudah diberi satu gelas air. Tutup dan diamkan selama 6-8 jam. Jika Anda tidak memiliki pressure cooker, Anda bisa memasukkan toples ke dalam panci dan mengisi dengan air panas (bukan mendidih) sampai air mencapai hampir ke bagian atas stoples. Tutupi panci dengan handuk lalu tutup.

Jika sudah didiamkan selama 6-8 jam, keluarkan toples dari panci dan lepaskan penutup toples. Bersihkan segala kondensasi yang terkumpul, lalu segel dan dinginkan selama beberapa jam. Jadi terbukti kan kalau konsumsi susu kental manis tidak harus selalu makanan manis padat kalori tetapi susu kental manis juga bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat tinggi probiotik.

Energy Bar

Anda bukan tipe orang yang bisa memakan makan berat saat sarapan? Kenapa tidak mengambil manfaat susu kental manis yang praktis dan kacang-kacangan yang kaya akan serat? Konsumsi susu kental manis yang dipadukan dengan kacang-kacangan dapat mencukupi kebutuhan energi di pagi hari. Manfaat susu kental manis biasanya banyak digunakan untuk membuat fudge dan energy bar. Meski pun kandungan susu kental manis termasuk padat energi, tetapi manfaat susu kental manis juga bisa di dapat untuk menú ini.

Manfaat susu kental manis di antaranya adalah protein, lemak, vitamin dan mineral yang cocok untuk dijadikan makanan pembuka di pagi hari. Anda bisa mencoba resep dari chef asal Inggris Nigella Lawson yang mudah ini. Bahan yang dibutuhkan adalah satu kaleng susu kental manis bendera, setengah gelas margarin yang sudah dilelehkan, 3 1/2 gelas gandum yang digiling (bukan gandum instan), satu gelas kelapa parut, satu gelas cranberry kering, satu gelas biji campuran (labu, bunga matahari, wijen) dan satu gelas kacang tanah.

Campurkan semua bahan hingga tercampur sempurna dan panggang di oven 130 derajat. Tunggu hingga 30 menit dan keluarkan dari oven. Diamkan dan energy bar Anda siap disajikan.

Penguat Rasa Bumbu

Manfaat susu kental manis pada awalnya hanya terbatas pada penyimpananya yang mudah dan tahan lama dengan kandungan yang tidak terlalu berbeda dengan susu biasa. Manfaat susu kental manis juga biasanya terbatas pada daerah yang minim dengan akses susu seperti perkemahan dan pulau-pulau terpencil. Namun, seiring berjalannya waktu, manfaat susu kental manis semakin berkembang menjadi lebih inovatif dan kreatif. Kandungan susu kental manis dapat digunakan untuk mengeluarkan rasa dari bumbu-bumbu racikan yang dipakai dalam sup, rendang atau sate.

"Beberapa ada yang menggunakan susu kental manis pada masakan gurih seperti soto betawi, itu bisa-bisa saja karena susu pada susu kental manis memberikan rasa gurih dan gula pada susu kental manis memberikan sedikit rasa manis penyeimbang rasa, seperti kita menggunakan sedikit gula saat memasak hidangan gurih lainnya. Jika takaran yg digunakannya sesuai, penggunaan susu kental manis pada masakan gurih ini bisa juga dijadikan pilihan jika dalam resepnya memang terdapat bahan susu dan gula." jelas Tiarbah mengenai penggunaan susu kental manis dalam masakan gurih.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah cukup tambahkan beberapa sendok susu kental manis ke dalam racikan bumbu. Jadi jangan bingung lagi bagaimana menggunakan manfaat susu kental manis karena penggunaan susu kental manis tidak lagi terbatas pada makanan penutup yang manis saja, tapi juga bisa untuk hidangan gurih.

(adv/adv)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK