Achmad Purnomo Positif Covid-19, Jokowi Tes Swab Sore Ini

CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 16:34 WIB
Presiden Jokowi akan menjalani tes swab pada sore ini setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19. Presiden Jokowi akan menjalani tes swab pada sore ini setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19. (CNN Indonesia/Damar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo akan menjalani tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) pada Jumat (24/7) sore, setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19. Keduanya dikabarkan sempat bertemu pada Kamis (16/7).

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan kebetulan hari ini Jokowi dan perangkat Istana Kepresidenan memang dijadwalkan untuk mengikuti tes rutin.

"Iya hari ini memang jadwal Bapak Presiden cek kesehatan rutin," kata Heru lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (24/7).


Heru menekankan Istana selama ini sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat. Setiap tamu yang berkunjung wajib melalui rapid test.

Selain itu, seluruh orang di Istana, termasuk Jokowi, rutin mengikuti tes swab. Heru berharap Jokowi dan jajarannya tetap negatif Covid-19 usai pengetesan hari ini.

"Saya yakin dan semoga Istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif, saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden," ucap Heru.

Achmad Purnomo, Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota Solo yang diusung oleh DPC PDIP Solo menyatakan tidak akan mundur dari Pilkada Solo meski harus bersaing dengan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. (CNN Indonesia/Damar)

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Hal itu diketahui setelah Purnomo memberikan pernyataan ke wartawan, Jumat (24/7).

Purnomo dinyatakan positif setelah dua kali tes. Pada Jumat (17/7), Purnomo menjalani tes PCR dan hasilnya negatif. Lalu Sabtu (18/7), ia kembali mengikuti tes PCR lagi atas arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta dan dinyatakan positif.

Padahal pada Kamis (16/7), Purnomo baru saja bertemu dengan Jokowi di Jakarta. Dalam pertemuan itu, Jokowi memberi tahu Purnomo bahwa PDIP akan mengusung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo.

"Tadi saya di Istana diberi tahu oleh Pak Jokowi kalau yang dapat rekomendasi Gibran sama Teguh," kata Purnomo saat dihubungi melalui telepon, Kamis (16/7) lalu.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK