Jokowi: Istiqlal Bersolek Lebih Megah

CNN Indonesia | Minggu, 26/07/2020 13:34 WIB
Melalui akun twitternya, Presiden Joko Widodo menyebut Masjid Istiqlal bersolek lebih megah setelah direnovasi dengan anggaran Rp475 miliar. Presiden Joko Widodo meninjau masjid Istiqlal, Juni 2020. (Rusma - Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyampaikan perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta yang semakin megah. Hal ini disampaikan Jokowi melalui cuitan di akun Twitter yang diunggah pada Sabtu (25/7) kemarin.

"Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah setelah direnovasi besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp475 miliar," seperti dikutip dari akun Twitter @jokowi, Minggu (26/7).

Dalam cuitannya, Jokowi juga mengunggah sebuah video singkat milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menunjukkan hasil renovasi pembangunan Masjid Istiqlal. Video itu menunjukkan bangunan baru masjid di bagian luar, penambahan plaza, parkir bawah tanah, tempat wudu, hingga interior dalam masjid.    


"Inilah wajah terbaru masjid terbesar di Asia Tenggara berkapasitas 200.000 jamaah itu," katanya.



Unggahan Jokowi itu pun menuai banyak komentar dari warganet. Banyak yang memuji, namun tak sedikit pula yang mengkritik biaya renovasi karena mencapai Rp475 miliar.

Pelaksanaan renovasi Masjid Istiqlal telah dimulai sejak 6 Mei 2019. Renovasi meliputi bagian dalam masjid, seperti kamar mandi dan fasilitas wudu.

Selain itu, renovasi juga dilakukan untuk pemasangan 104 Closed Circuit Television (CCTV), penggantian karpet, termasuk mihrab yang ada di lantai utama masjid.

(psp/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK