Achmad Purnomo Negatif Corona Hasil Tes Swab Mandiri

CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 08:58 WIB
Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo menyatakan dirinya negatif virus corona (Covid-19), berdasarkan hasil tes PCR yang ia jalani secara mandiri. Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo menyatakan dirinya negatif virus corona (Covid-19), berdasarkan hasil tes PCR yang ia jalani secara mandiri. (CNN Indonesia/ Damar)
Solo, CNN Indonesia --

Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo menyatakan dirinya negatif virus corona (Covid-19), berdasarkan hasil tes PCR yang telah ia jalani. 

Kabar gembira itu disampaikan Purnomo kepada awak media melalui aplikasi WhatsApp. Ia mengirim foto dokumen hasil tes PCR-nya kepada sejumlah media.

"Hasilnya baru dikirim ke rumah saya kemarin malam, sekitar jam tujuh," katanya saat dihubungi melalui telepon, Selasa (28/7).


Purnomo menerangkan ia berinisiatif menjalani tes PCR mandiri bersama istri di RS Kasih Ibu setelah dinyatakan positif Covid-19. Sampel swab diambil di rumahnya, Jumat pekan lalu, karena saat itu dirinya masih menjalani karantina mandiri.

"Saya manggil RS Kasih Ibu, ternyata bersedia mengirim dokter ke sini untuk mengambil sampel. Niatnya untuk kontrol saja. Saya sama ibu," katanya.

Dalam dokumen yang dikirim Purnomo disebutkan RNA virus Covid-19 tidak terdeteksi di swab nasofaring dan orofaringnya.

"Kalau pemahaman saya, tidak terdeteksi ya berarti negatif," katanya.

Dalam dokumen itu juga diterangkan bahwa hasil 'tidak terdeteksi' tidak menyingkirkan dugaan infeksi Covid-19. Diperlukan korelasi klinis dengan riwayat pasien dan informasi diagnostik lain untuk memastikan Purnomo bebas Covid-19.

"Hasil tidak terdeteksi dapat disebabkan ada inhibitor dalam spesimen pasien atau konsentrasi asam nukleat virus di bawah deteksi pengujian. Hasil tidak terdeteksi juga dapat dipengaruhi oleh kualitas spesimen yang tidak akurat," demikian keterangan dalam dokumen itu.

Meski sudah menerima hasil lab dari RS Kasih Ibu, Purnomo tetap menjalani karantina mandiri di rumahnya hingga 2 Agustus mendatang. Hari ini ia juga dijadwalkan kembali menjalani pengambilan sampel swab lanjutan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo.

Purnomo padaJUmat lalu diumumkan terinfeksi virus corona. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan Purnomo positif Covid-19 setelah dua kali menjalani uji swab dengan metode RT-PCR.

"Hasil yang pertama memang masih abu-abu antara positif dan negatif. Tapi hasil tes kedua positif," kata Rudy saat dihubungi melalui telepon, Jumat (24/7).

Kabar itu membuat Presiden Jokowi dan anaknya, Gibran Rakabuming Raka turut menjalani tes swab. Pasalnya, beberapa hari sebelumnya Purnomo sempat bertemu dengan Presiden Jokowi.

(ocd/wis)

[Gambas:Video CNN]