Pasien Positif Covid-19 Salat Id Bersama di RS Darurat Jatim

CNN Indonesia | Jumat, 31/07/2020 10:01 WIB
Pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat di Indapura, Surabaya, melakukan salat Iduladha bersama pada Jumat (31/7). Pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat di Indapura, Surabaya, melakukan salat Iduladha bersama pada Jumat (31/7). (CNN Indonesia/Farid)
Surabaya, CNN Indonesia --

Pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat di Indapura, Surabaya, melakukan salat Iduladha bersama pada Jumat (31/7).

Anggota Rumpun Kuratif Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim, Jibril Makhyan Al Farabi, mengonfirmasi kabar ini kepada CNNIndonesia.com.

Menurut Jibril, salat tersebut dipimpin oleh imam dan khotib, Ustaz Sunarto W R, dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo, yang juga positif Covid-19.


"Salat Id hari ini kurang lebih diikuti 100 peserta, diimami oleh Ustaz Sunarto yang juga positif Covid-19, dan makmumnya pasien dan pegawai dan medis," kata Jibril.

Jibril mengatakan, bahwa salat Id dimulai pukul 06.00 WIB, dan dilanjutkan dengan khotbah bertema "Ujian Memperkokoh Kualitas dan Identitas Muslim dan Mukmin." 

Salat sendiri terbagi menjadi dua lokasi, yang pertama di halaman. Di tempat itu, dibentangkan terpal berwarna oranye sebagai alas untuk para pasien melaksanakan salat. 

Sementara di lokasi kedua, dibangun tenda bagi petugas dan medis yang bebas dari Covid-19. Meski begitu, masih ada pula petugas yang tetap mendampingi para pasien di halaman. 

"Tim dan petugas salat di tenda yang safe dan bebas Covid-19. Ada medis juga yang sambil melayani ikut jemaah, pakai hazmat," kata Jibril. 

Hingga kini, RS Darurat sendiri masih merawat 101 pasien positif, dengan rincian 72 laki-laki dan 29 perempuan.

(frd/has)

[Gambas:Video CNN]