Semua Anggota DPRD DKI Tes Swab, Digilir Per Fraksi

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 12:39 WIB
Tes swab dilakukan secara bergiliran per fraksi karena keterbatasan tenaga kesehatan yang dimiliki Pemprov DKI. Gedung DPRD DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

DPRD DKI Jakarta mulai melakukan tes swab kepada seluruh anggota dewan dan pegawai yang berada di lingkungan DPRD. Tes swab ini merupakan buntut dari dua anggota DPRD positif terpapar virus corona (Covid-19).

Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta Hadameon Aritonang mengatakan, tes swab di lingkungan DPRD DKI Jakarta sudah mulai dilakukan sejak Senin (3/8) kemarin. Tes swab dilakukan per fraksi.

"Dari Senin kemarin kita coba per fraksi-fraksi, sudah beberapa fraksi yang diswab," kata Dame saat dikonfirmasi, Selasa (4/8).


Dame menjelaskan, beberapa fraksi yang sudah melakukan tes swab di antaranya Fraksi PAN dan NasDem. Sementara, pada Rabu (5/8) akan dilakukan tes swab kepada anggota Fraksi PKS.

Ia menambahkan, pemeriksaan swab dilakukan per fraksi karena keterbatasan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Oleh karena itu, pengetesan dilakukan secara berkala dan dijadwalkan tiap fraksi.

"(Tes swab hari Rabu) PKS dulu, karena kalau keseluruhan enggak sanggup petugasnya dari Dinkes," tuturnya.

Dame mengatakan, nantinya tes swab juga tidak hanya dilakukan kepada para anggota dewan. Tenaga ahli dan pegawai di lingkungan DPRD juga akan di-tes swab.

"Keseluruhan yang ada di ruang fraksi-fraksi itu," jelas Dame.

Sebelumnya diketahui bahwa dua anggota DPRD DKI Jakarta positif Covid-19. Dua anggota itu yakni dari Fraksi PAN dan PKS.

Satu anggota fraksi PKS yang terpapar Covid-19 yakni Dany Anwar. Kemarin, Dany dikabarkan meninggal dunia karena positif Covid.

"Bukan isu, tapi dinyatakan meninggal karena Covid, ada beberapa penyakit yang membawai, ada gula, ada jantung. Saya juga turut berduka cita kepada sahabat saya, salah satu (anggota) fraksi di PKS," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi kemarin.

(dmi/ain)

[Gambas:Video CNN]