1.194 Sembuh, Kasus Positif Secapa AD Tinggal 114 Orang

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 12:38 WIB
Sebanyak 1.194 orang di Secapa AD, Bandung telah sembuh dari virus corona. Mereka pun juga ada yang mengikuti donor plasma darah untuk terapi plasma. Siswa Secapa AD menjalani tes Swab. (Dok. Puspen AD)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (AD) Brigadir Jenderal Nefra Firdaus mengatakan jumlah pasien positif virus corona (Covid-19) di Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD tersisa 114 orang per hari ini, Kamis (6/8).

"Jadi dari total 1.308 pasien positif Covid 19 di Secapa AD, pada pagi ini sudah berkurang 1.194 orang atau 91,3 persen sudah menjadi negatif, menjadi tinggal 114 orang," kata Nefra dalam keterangan tertulis, Kamis (6/8).

Sebelumnya Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa mengumumkan ada 1.136 orang yang negatif berdasarkan data yang dihimpun hingga Rabu (5/8).


Di sisi lain, Andika menuturkan pada hari tersebut dilaksanakan gelombang dua pelaksanaan donor plasma darah untuk terapi plasma convalesence.

Donor plasma darah itu diikuti oleh delapan mantan perwira Secapa AD di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

Klaster Secapa AD bermula dari dua prajurit siswa yang berobat di Rumah Sakit Dustira Cimahi.

Satu prajurit itu mengaku mengalami gejala sakit bisul disertai demam. Sedangkan, satu prajurit lainnya masalah tulang belakang.

Mereka kemudian menjalani pemeriksaan swab oleh tim medis di RS Dustira. Hasilnya dua siswa itu positif terpapar virus corona.

Tim medis lantas melaporkan ke Markas Besar TNI AD di Jakarta. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan terhadap 1.198 prajurit siswa dan sekitar 200 pelatih serta staf di Secapa AD, Bandung, Jawa Barat.

Dari hasil pemeriksaan, sebanyak 991 prajurit siswa serta 289 staf anggota Secapa dan keluarga positif Covid-19.

(ndn/fra)

[Gambas:Video CNN]