BPBD DKI Ingatkan Potensi Hujan Angin Dua Hari ke Depan

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 22:29 WIB
BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini atas potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 7-8 Agustus 2020. BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini atas potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 7-8 Agustus 2020. Ilustrasi. (Istockphoto/Yury Karamanenko).
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merilis peringatan dini atas potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung di wilayah ibu kota pada 7-8 Agustus 2020.

"Kepada OPD terkait, para Camat dan Lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan menyiagakan PPSU dan Satgas Banjir / Dinas SDA Kecamatan. Masyarakat dapat menghubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," tulis BPBD DKI Jakarta dalam pengumuman yang diunggah pada akun Twitter @BPBDJakarta, dikutip Kamis (6/8).

Berdasarkan pengumuman tersebut, potensi hujan angin muncur mengingat pusat tekanan rendah terpantau di Laut Cina Selatan (1006 hPa) yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut Cina Selatan.


Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Banda bagian utara hingga perairan Pulau Ambon dan dari Samudera Pasifik utara Papua hingga Papua Barat bagian selatan.

"Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan daerah konvergensi tersebut," terang BPBD DKI Jakarta.



(sfr/sfr)

[Gambas:Video CNN]