Rusuh Situbondo, Polisi Tangkap 34 Anggota Silat

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 13:47 WIB
Dari 34 orang yang telah diperiksa, 10 anggota perguruan silat berpotensi menjadi tersangka karena diduga menjadi dalang kerusuhan. Ilustrasi kerusuhan (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polres Situbondo, Jawa Timur memeriksa 34 anggota perguruan silat persaudaraan setia hati terate (PSHT) terkait aksi kerusuhan di desa Kayu Putih Kecamatan Panji dan Desa Trebungan, Kecamatan Mangaran. Sebanyak 10 anggota berpotensi ditetapkan sebagai tersangka karena diduga sebagai dalang kerusuhan.

Puluhan anggota PSHT itu mayoritas terdiri dari remaja, baik laki-laki mau pun perempuan. Mereka diduga menyebabkan kerusakan hingga menyebabkan kerugian bagi warga setempat.

"Petugas secara maraton terus memeriksa 34 saksi anggota PSHT yang kita periksa dan yang kita tangkap, dan dari 34 orang itu, 10 orang berpotensi jadi tersangka, dan akan bertambah lagi," kata Kapolres Situbondo AKBP Sugandi dikutip dari siaran CNNIndonesia TV, Rabu (12/8).


Sejauh ini, polisi masih terus melakukan pemeriksaan karena ada ratusan orang yang diduga terlibat dalam kerusuhan.

Kejadian ini bermula pada Minggu lalu (9/8) saat anggota PSHT melakukan konvoi di desa Kayu Putih. Saat itu, seorang warga setempat bernama Zainal menegur mereka yang mengambil paksa bendera Merah Putih yang berkibar di warung milik warga.

Namun, teguran itu memantik emosi anggota PSHT yang tengah berkonvoi. Mereka lantas menghajar Zainal. Mengetahui ada warga dikeroyok, warga yang lain pun berusaha memberi pertolongan lalu menjadi amukan massa.

"Waktu itu kan mereka ambil bendera, ditegur dan mereka turun [dari sepeda] tak terima, banyak orangnya," kata Zainal.

Penyerangan oleh kelompok silat yang sama kembali berlanjut pada Senin (10/8) pukul 02.30 WIB dini hari. Mereka melempari rumah warga di desa Trebungan menggunakan batu dan kayu.

Akibatnya 10 rumah warga mengalami kerusakan seperti kaca rumah yang pecah, kemudian empat mobil warga juga mengalami kerusakan, dan 15 kios menjadi korban penjarahan dini hari itu. Beberapa orang warga pun dilaporkan mengalami luka-luka.

(khr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]