Jenazah Staf KPU Yahukimo Akan Dimakamkan Besok

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 15:12 WIB
Jenazah staf KPU Yahukimo, Henry Jovinski tengah dalam perjalanan dari Papua ke Jakarta. Setelah itu jenazah diterbangkan ke Yogyakarta. Jenazah staf KPU Yahukimo, Henry Jovinski dimakamkan esok hari, Kamis (12/8). Ilustrasi (Istockphoto/Katarzyna Bialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jenazah Staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yahukimo, Papua, Henry Jovinski (25) yang diduga menjadi korban pembunuhan oleh orang tak dikenal akan dimakamkan besok, Kamis (13/8) pagi. Saat ini, jenazah Henry tengah dalam penerbangan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan jenazah Henry diperkirakan tiba sekitar pukul 19.20 WIB. Selanjutnya, jenazah akan diterbangkan ke Yogyakarta.

"Jenazah akan dibawa ke Yogyakarta atau di Kabupaten Sleman ya, diperkirakan pukul 04.00 WIB [besok] pagi sudah tiba di sana dan sementara ini direncanakan jam 09.00 WIB pagi [besok] akan dimakamkan," kata Arief melalui konferensi pers secara daring, Rabu (12/8).


Namun, Arief mengaku belum dapat mengkonfirmasi apakah jenazah Henry akan dimakamkan di Yogyakarta atau kampung halaman Henry, di Banyumas, Jawa Tengah.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak keluarga almarhum terkait lokasi dan waktu untuk pemakamannya," ujarnya.

Arief menyatakan telah menghubungi KPU Jawa Tengah untuk membantu prosesi pemulasaraan jenazah hingga pemakaman. Selain itu, ia pribadi akan terbang menuju Yogyakarta pada sore nanti jika tak ada aral melintang.

"Sebagai tanggung jawab moral kami terhadap almarhum," katanya.

Lebih lanjut, Arief meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas kasus dugaan pembunuhan tersebut. Ia menyesalkan kasus dugaan pembunuhan ini terjadi di tengah tahapan pelaksanaan Pilkada 2020.

Sebelumnya, Staf KPU Yahukimo, Henry Jovinski (25) tewas diduga korban pembunuhan oleh orang tak dikenal, Selasa (11/8) sore. Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan Henry sedang tak melaksanakan tugas saat dianiaya hingga tewas itu.

Henry sedang pergi bersama rekannya yang juga staf KPU, Kenan Mohi (38) saat peristiwa terjadi. Mereka kedua disebut pergi bersama usai mengantar obat ke rumah istri Mohi.

Kabupaten Yahukimo merupakan salah satu dari 11 kabupaten di Papua yang sedang melaksanakan tahapan Pilkada serentak 2020. Pemungutan suara pesta demokrasi lima tahunan ini akan dilakukan 9 Desember mendatang.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK