Dokter Muda Jadi Dokter Ketujuh Wafat karena Covid di Medan

CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 12:05 WIB
Total ada 348 tenaga kesehatan Sumut terpapar covid-19. Tujuh dokter di antaranya meninggal dunia. Dokter Dennis yang meninggal Rabu malam jadi yang termuda. Ilustrasi pemakaman jenazah pasien yang terinfeksi virus corona (CNNIndonesia/Damar Sinuko)
Medan, CNN Indonesia --

Seorang dokter di Medan, Sumatera Utara bernama Dennis meninggal di usai terinfeksi virus corona (Covid-19). Dennis wafat meski sempat dirawat di RS Siloam, Medan pada Rabu malam (12/8).

"Benar, anggota kita kembali gugur, saya dapat kabar itu tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan, dr Wijaya Juwarna, Kamis (13/8).

Wijaya mengatakan jenazah Dennis sudah dimakamkan dengan protokol kesehatan. Wijaya prihatin karena Dennis masih sangat muda.


"Di antaranya tujuh dokter di Medan yang meninggal karena Covid-19, Dokter Dennis paling muda. Saya enggak tahu pasti dirawat sudah berapa lama. Kita enggak tahu pasti (tertular dari mana). Karena bisa jadi paparan pertama di tempat A tapi melemahnya di tempat B," katanya.

Salah satu rekan seprofesi dari Dokter Dennis juga tengah dirawat di Ruang ICU RS Siloam Medan karena terpapar Covid-19.

Dokter Dennis dan temannya itu selama ini bekerja di salah satu klinik di Kota Medan dan tidak langsung menjalin kontak dengan pasien Covid-19.

"Dokter Dennis dan temannya itu memang bekerja di klinik tersebut. Klinik itu biasa, tapi sekarang inikan orang tanpa gejala pun banyak, jadi kita tidak bisa prediksi tertularnya dari mana," kata Wijaya.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Mayor Kes dr. Whiko Irwan mengatakan selama masa Pandemi Covid-19 hingga tanggal 8 Agustus 2020, jumlah dokter dan tenaga medis di Sumut yang terpapar virus Corona mencapai 348 orang.

"Tercatat sejak awal pandemi hingga 8 Agustus, tenaga kesehatan yang terpapar covid terdiri dari 42 dokter spesialis, 13 orang peserta pendidikan dokter spesialis, 29 dokter umum, 207 orang perawat, 29 bidan dan 30 analis laboratorium. Dan beberapa orang dokter di antaranya meninggal dunia dengan konfirmasi Covid positif," pungkas Whiko.

Berdasarkan data yang diperoleh dari GTPP Covid-19 Sumut, per tanggal 12 Agustus 2020, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumut yang tengah diisolasi sudah tembus 5.264 orang. Kemudian suspek tercatat 550 orang, pasien covid-19 yang meninggal 232 orang, dan sembuh 2.188 orang.

(fnr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]