Satgas Klaim Rumah Sakit Masih Bersedia Tampung Pasien Covid

CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 02:17 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut ketersedian tempat tidur di rumah sakit masih terkendali sehingga masih bisa menampung pasien-pasien Covid-19. Ilustrasi penanganan pasien corona. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengklaim rumah sakit masih bersedia menampung dan menangani pasien virus corona. Sebab masih ada ketersediaan tempat tidur (bed occupancy rate).

Ia mengatakan, sampai hari ini kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit baru mencapai 66 persen.

"Perlu kami sampaikan bahwa bed occupancy rate (BOR) adalah sekitar 66 persen, untuk BOR rumah sakit yang aman adalah 60-80 persen yang dihitung per bulan, artinya ada buffer sekitar 14 persen menuju 80 persen," jelas Wiku dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Kamis (13/8).


"Jadi kondisinya masih terkendali, pemerintah tetap memperhatikan kondisi ini," imbuh Wiku.

Sementara itu, Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto, Brigadir Jenderal TNI Budi Sulistya menyampaikan saat ini kondisi ruang ICU untuk perawatan pasien Covid-19 di RSPAD sedang penuh. Diharapkan pasien dengan gejala ringan dapat isolasi mandiri, sementara untuk gejala berat dapat mencari rumah sakit rujukan lain.

"Memang banyak, untuk saat ini kondisinya ICU Covid kami sedang penuh, jadi untuk kasus yang sangat berat jangan ke RSPAD karena saat ini sedang penuh, bisa ke rumah sakit rujukan lain," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (13/8).

Untuk diketahui, saat ini ada 59 rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di lima kota administratif Jakarta. Dalam halaman https://corona.jakarta.go.id/id/contact RSPAD Gatot Subroto menjadi salah satu rujukan untuk pasien Covid-19.

Selain RSPAD Gatot Subroto, pasien Covid-19 juga dapat dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso, RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, dan RSUP Persahabatan.

Berdasarkan laporan dari Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan untuk membantu menangani kasus Covid-19 di Indonesia, pihaknya sedang berupaya meningkatkan kapasitas ruang isolasi hingga mencapai 90 ruangan.

Lebih lanjut ia mengatakan, hingga saat ini RSPI Sulianti Saroso masih bersedia merawat pasien Covid-19 dengan rujukan.

"Hari ini ada 38 yang sedang dirawat hari ini, ruang isolasi kami ada 44, dan kami sedang tingkatkan target 90, tentu kami masih bersedia merawat," kata Syahril.

Sementara Direktur RSUP Persahabatan, Rogayah mengatakan rumah sakitnya memang sempat penuh dengan pasien Covid-19, namun pihaknya masih menerima pasien rujukan.

"Memang penuh tapi nanti berkurang, terus ada lagi yang masuk pasien yang terkena Covid-19. Sehingga masih bisa menerima pasien Covid-19," ucapnya.

Rita menambahkan pihaknya telah merawat sejumlah total 1.655 pasien dengan kriteria Covid-19 sejak Maret hingga 13 Agustus. Dari jumlah itu, data kasus meninggal positif Covid-19 sebanyak 152 orang atau sekitar 9 persen.

Rita juga mengatakan saat ini jumlah pasien yang dirawat di RSUP Persahabatan sebanyak 54 pasien.

"Saat ini 54 pasien dirawat, sekitar 74 persen dari kapasitas tempat tidur," ucapnya.

(mel)

[Gambas:Video CNN]