Pasien Covid Melahirkan di RS Zainoel Abidin Aceh, Bayi Sehat

CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 22:11 WIB
Bayi laki-laki dari ibu yang terinfeksi corona terlahir dalam kondisi sehat di RS Zainoel Abidin Aceh. Sang bayi kemungkinan tidak tertular Covid-19. Ilustrasi. (Foto: Pixabay/RitaE)
Banda Aceh, CNN Indonesia --

Seorang pasien yang terkonfirmasi virus corona (Covid-19) berinisial Za (24), asal Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Kamis (13/8).

Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUZA, Novina Rahmawati mengatakan proses melahirkan berlangsung lancar. Kondisi bayi yang baru lahir itu dalam keadaan sehat, demikian juga ibunya.

Pasien tersebut, kata Novina, melahirkan seorang bayi dengan jenis kelamin laki-laki dan memiliki berat badan 3,3 kilogram.


"Proses melahirkan sudah selesai. Alhamdulillah telah lahir bayi dari Ibu Covid-19 positif yang pertama, keduanya sehat," kata Novina.

Noviana bilang meski ibunya positif Covid-19, namun bayi tersebut dipastikan dalam kondisi sehat dan tidak tertular virus dari ibunya.

"Tidak ada jurnal yang menyatakan penularan secara vertikal. Kemungkinan bayi tidak tertular," ucap Noviana.

Ia menjelaskan, selama proses persalinan, pasien diawasi dengan ketat oleh bidan, perawat dan dokter spesialis obgyn (kandungan). Secara umum, saat ini pasien dalam kondisi baik.

Setelah menjalani persalinan, pasien dipindahkan dari kamar operasi Covid-19 existing ke ruang rawat isolasi Pinere 1 rumah sakit tersebut.

Diketahui, Za sebelumnya dirujuk dari RS Nagan Raya, karena hasil PCR mandiri di laboratorum penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada Selasa (11/08) dan hasilnya positif corona.

Sejauh ini, jumlah kasus positif corona di Aceh sudah mencapai 747 orang. Dengan rincian, 225 sembuh, 498 di rawat di rumah sakit rujukan dan 24 meninggal dunia.

(dra/wis)

[Gambas:Video CNN]