Kepala Dinas Parekraf Wafat, DKI Tunjuk Sekretaris jadi Plt

CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 20:52 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menunjuk pengganti Kepala Dinas Parekraf Cucu Ahmad Kurnia yang baru saja meninggal dunia. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menunjuk Plt Kepala Dinas Parekraf menggantikan Cucu Ahmad Kurnia yang meninggal dunia (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Chaidir mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Cucu Ahmad Kurnia yang baru saja wafat.

Orang yang ditunjuk adalah Sekretaris Dinas (Sekdis) Parekraf, Gumilar Ekalaya. Gumilar akan memimpin sementara Dinas Parekraf DKI Jakarta.

"Sudah resmi, tinggal dibuat SK-nya," kata Chaidir di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/8).


Menurut Chaidir, Anies memilih Gumilar dengan mempertimbangkan jabatan sebelumnya sebagai Sekretaris Dinas Parekraf. Gumilar dinilai paling mengetahui rencana program kerja Dinas Parekraf.

"Pak Gubernur sudah menyarankan itu, karena kan Sekretaris sebagai teman kerja terdekat yang mengetahui rencana kerja ke depan di sana," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria juga mengatakan Pemprov DKI Jakarta bakal menunjuk seorang Plt untuk menggantikan Cucu Ahmad Kurnia di posisi Kepala Dinas Parekraf.

Riza mengaku terkejut dengan kabar Cucu meninggal dunia. Dia menyebut almarhum Cucu termasuk salah satu kepala dinas yang bekerja keras selama pandemi virus corona (Covid-19) melanda Jakarta.

"Tadi malam istrinya menyampaikan selama pandemi Pak Cucu termasuk gigih kerja keras untuk memastikan unit-unit yang belum boleh buka untuk tidak buka," jelas Riza.

Selain itu, menurut Riza, selama pandemi ini banyak pihak yang berupaya untuk menyogok Cucu agar tempat usahanya dapat beroperasi kembali. Namun, Cucu dengan tegas menolak upeti tersebut.

"Istrinya menyampaikan dia didatangi pihak-pihak untuk menyuap, menyogok untuk (tempat usahanya) dibuka. Tapi alhamdulillah dia sangat memahami dan berintegritas, sehingga menolak semua bentuk bentuk hal yang tidak baik tersebut, tetap menegakkan aturan dan disiplin," tuturnya.

Cucu diketahui wafat pada Kamis (13/8) sore di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Parekraf DKI, Bambang Ismadi mengatakan Cucu sempat mengeluh sakit pada Sabtu malam (9/8).

Bambang memastikan Cucu tidak meninggal akibat terinfeksi virus corona (Covid-19). Berdasarkan hasil tes, Cucu negatif mengidap Covid-19.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Dinas Parekraf, Cucu diketahui sempat terpilih sebagai Abang Jakarta pada tahun 1995. Cucu juga diketahui sempat menjadi model iklan media cetak maupun elektronik pada tahun 1994 hingga 2002. Cucu baru menjabat sebagai Kepala Dinas Parekraf pada 8 Januari 2020 kemarin.

(dmi/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]